ACADEMIC WRITING: CEK PLAGIARISM SEBELUM NASKAH DIKIRIM
Abadi Wijaya Kamis, 15 November 2018 . in Berita . 3044 views
1698_zaki.jpg

GEMA-Salah satu pesan penting yang disampaiakan Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy kepada calon guru besar UIN Maliki Malang sebelum tulisan dikirim tolong dicek plagiarismnya bisa cek dengan turnitin atau yang berbayar. jika terindikasi palagiarism maka penulis wajib menggantinya hingga blok merah hilang. bisa menggunakan metode acak utk memidifikasi tulisan agar terhindar dari indikasi plagiarism (14/11).
Prof. Zaki menghimbau agar lebih hati-hati lagi kepada para penulis artikel dalam membuat kutipan langsung maupun tak langsung. Lebih baik hindari kutipan yang terlalu panjang yang lebih dari empat baris. Pasalnya, mengambil kutipan yang bersifat copy paste itu jika dimasukkan ke mesin turnitin bisa terdeteksi plagiat. “Semua mesin pelacak palgiarism akan mudah sekali mendeteksi tulisan yang bersifat copy paste,” terangnya.
Solusinya, kata dia, penulis bisa menggunakan bahasanya sendiri atau di prafrase dengan mengunakan kalimat dan gaya bahasa sendiri. Oleh sebab itu, mohon jangan biasakan dalam membuat artikel mengambil kutipan yang panjang. “Copas dari online itu sangat berbahaya, mohon dihindari,” pesannya tegas.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up