ACADEMIC WRITING: JUDUL ARTIKEL HARUS JELAS DAN SPESIFIK
Abadi Wijaya Sabtu, 17 November 2018 . in Berita . 1623 views
1707_clinik-jurnal.jpg
Coaching: Prof. Dr. Khoiruniam, PhD merivew beberapa naskah artikel peserta academic writing di Hotel Pelangi Kota Malang. Jumat (16/11).

GEMA-Siang ini, Jumat (16/11) giliran Prof. Khoirunniam, PhD yang memberikan coaching clinik jurnal kepada calon guru besar di lingkungan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Prof. Niam kali ini langsung me-review sejumlah tulisan artikel para peserta. Dia menegaskan setiap penulis harus mengikuti aturan teknis keilmuannya, misalkan saja persoalan penulisan judul itu harus tegas dan jangan ada kalimat yang ambigu. "Tolong hindari pembuatan judul yang tidak memberikan kepastian, judul harus spesifik," terangnya.
Setiap penulis, kata dia, harus konsisten terhadap studi kasus yang dilakukan. Ada beberapa strategi untuk mencari originalitas hasil penelitian, salah satunya yaitu hindari mengutip langsung yang biasanya dengan cara copy paste. Itu bisa menjebak para penulis pada plagiarism. "Cara menghindarinya yaitu kutiplah dengan menggunakan parafrase atau menulis kembali dengan kalimat sendiri tanpa mengurangi subtansi aslinya," paparnya.
Tapi ingat, tambah dia, meskipun dilakukan parafrase penulis harus menampilkan sumber rujukannya. Artikel yang terindek di scopus sebenarnya tidak semuanya bagus. Akan tetapi, artikelnya memiliki sumber primer yang jelas dan bisa dilacak secara online. "Banyak penulis yang tidak memperhatikan sumber rujukan yang teregister," jelasnya.
Prof. Niam juga menghimbau kepada para peserta agar menghindari tulisan yang menggunakan gaya built number yang berupa simbol. Jika ada sub pembahasan harus disesuaikan dengan gaya selingkung jurnal yang dituju. "Penulis tetap harus menyesuaikan gaya selingkung yang berlaku," tegasnya. (nhl)

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up