AICOLLIM: BAGAIMANA MEMANFAATKAN TEKNOLOGI?
Iffatunnida Rabu, 7 November 2018 . in Berita . 191 views
1684_aicollim.jpg
SHARING: Di salah satu sesi AICOLLIM 2018, Prof. Dr. Mudjia Rahardjo, M.Si. dan Charlotte Blackburn didaulat menjadi pemateri utama.

GEMA-Akrabnya mahasiswa dengan teknologi membuat konsentrasi mereka terpecah saat di kelas. Tak jarang, banyak dosen yang harus mengingatkan mereka untuk tetap fokus belajar. Namun, daripada sekedar meminta mereka me-nonaktif-kan gawai (gadget), Dekan Fakultas Humaniora Dr. Syafiyah justru merasa tertantang untuk memanfaatkan benda favorit itu untuk pembelajaran terutama kelas bahasa asing.
Hal ini ia sampaikan saat memberi sambutan pembuka dalam Annual International Conference on Language, Literature, and Media (AICOLLIM) 2018, Selasa (6/11). Menurutnya, dunia pendidikan tidak seharusnya membatasi diri dengan kemajuan teknologi. “Teachers, lecturers, and researchers’ job is to think how this rapid development of technology can be implemented in foreign language classes,” tutur wanita asal Jombang ini.
Terlepas dari efek negatif maupun positif yang dibawa teknologi, ada satu hal yang tidak bisa dipungkiri. Syafiyah melanjutkan, teknologi memberi perubahan yang sangat besar dalam kehidupan.”It changes the way we live, communicate, and think,” imbuhnya.
Setiap orang, masih kata wanita yang berulang tahun tiap 10 September itu, pasti memiliki perspektif yang berbeda dalam menyikapi teknologi canggih. Namun, di zaman industri 4.0 ini, mengabaikan kecanggihan ini berarti harus bersiap untuk tertinggal. “That is why we are here sharing our ideas related to advanced technology, mainly, on language teaching,” tutupnya.
AICOLLIM merupakan konferensi perdana besutan Fakultas Humaniora. Rencananya, konferensi ini akan diadakan setiap tahun dengan tema yang mutakhir. Bertempat di Home Theatre, pihak penyelenggara menghadirkan beberapa pemateri utama. Yakni, Dr. Faris Badr (Yaman), Waleed el Sayyid (Mesir), Charlotte Blackburn (Amerika), Prof. Dr. Mudjia Rahardjo, M.Si. (Indonesia), dan Ooi Choon Meng (Malaysia). (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up