GEMBLENG CALON PROFESOR MENULIS DI SCOPUS
Abadi Wijaya Senin, 5 November 2018 . in Berita . 678 views
1680_prof-irwan.jpg

GEMA-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang kembali mendatangkan Prof. Dr. Irwan Abdullah, salah satu reviewer Scopus untuk memberikan materi bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas dan bisa diterima di scopus. Kegiatan workshop Academic Writing kali ini dilaksanakan di Hotel Pelangi dan diikuti seluruh calon guru besar UIN Malang. Minggu, (4/11).
Prof. Irwan dalam paparan materinya menjelaskan bahwa banyak tulisan ditolak di scopus akibat banyak penulis yang melakukan penipuan. Anehnya, si penulis artikel sendiri tidak tahu kalau sudah melakukan penipuan. Bagi scopus, mudah sekali untuk mengetahui apakah artikel tersebut original atau malah hasil plagiat. “Scopus akan memasukkan naskah tersebut ke serch angine secara online dan original naskah tersebut akan akan langsung dicek bibliografinya,” paparnya.
Dalam hitungan detik saja, kata dia, naskah yang dikirim tersebut akan ketahuan, apakah bibliografinya memilki link yang jelas atau malah bohongan. “Kita sering terperangkap dipermasalahan tersebut, ketika barcode sumber dicek keluar nama orang lain,” terangnya.
Guru besar Antropologi UGM tersebut berpesan bahwa, jangan pernah mengutip bibliografi tulisan yang tidak bisa ditemukan secara online. Minimal, daftar rujukan yang diambil sudah terdaftar di googlescholar. “Mengutip apapun jangan sampai bersumber dari kebohongan,” tegsanya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up