MUSIK UNTUK PSIKOLOGI ANAK
Iffatunnida Kamis, 15 November 2018 . in Berita . 792 views
1705_tri-utami.jpg

GEMA-Untuk memperkaya wawasan seni musik anak, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) menyelenggarakan Bimbingan dan Teknis (Bimtek) bagi mahasiswanya, Rabu (14/11). Acara yang diselenggarakan di Aula Micro Teaching Lt. 2 ini diisi oleh musisi ternama, Trie Utami.
Ia menyoroti anak zaman sekarang yang tidak mengenali lagu sesuai usianya. Pasalnya, hal tersebut juga erat kaitannya dengan tumbuh kembang anak. Kurangnya filter orang tua menjadi salah satu faktor yang disoroti. “Orang tua tidak mengawasi hiburan yang dinikmati anak sehingga mereka bebas menonton apa saja,” jelasnya.
Pemilik panggilan akrab Mbak Iik ini menyontohkan, untuk usia anak lima tahun, musik sedih atau mellow tidak dianjurkan. “Emosi mereka nanti ikut terpengaruh dengan jenis musik seperti itu,” ujarnya.
Jika ingin mengajarkan musik pada anak, musisi yang juga pakar psikologi musik anak tersebut memberikan panduannya. Anak tidak bisa serta merta diperdengarkan musik dan diminta untuk menirunya. Mereka butuh perantara agar mudah menangkap materi yang diberikan. “Saat saya mengajarkan piano ke anak usia dini, saya selalu menyiapkan apel untuk memudahkan keseimbangan mereka dalam memainkan tuts piano,” jelasnya. (aqa/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up