SYAUQI XI KENALKAN SALAT TAQWIYAH AL HIFDZI
Abadi Wijaya Selasa, 22 Januari 2019 . in Berita . 2169 views
1797_syauqi-xi.jpg
KHUSYUK: Peserta Syauqi XI saat melaksanakan Salat Hajat Taqwiyah al Hifdzi di Masjid Ulul Albab, Kamis (17/1)

GEMA-Salat merupakan bentuk sebuah doa. Maka Syauqy XI mengadakan kegiatan rutin salat Taqwiyah al Hifzhi, Kamis (17/1). Program ini dilakukan dua pekan sekali pada hari Kamis. Kegiatan salat Hajat ini dilakukan secara berjamaah di Masjid Ulul Albab. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh peserta dan panitia Syauqy XI akan dipimpin oleh Ahmad Jaini alumni UIN Maliki Malang Jurusan Matematika angkatan 2011.

Tata cara salat Hajat untuk menguatkan hafalan ini serupa dengan salat Dhuha empat rakaat. Namun, pada rakaat pertama membaca Surah Yasin dan rakaat kedua membaca Surah ad Dukhan. Sedangkan rakaat ketiga membaca Surah as Sajdah dan terakhir rakaat empat membaca Surah al Mulk.

Salat ini berdasarkan hadits yang menerangkan bahwa sahabat Ali bin Abi Thaib mengadukan hafalan al Qurannya yang terlupa kepada rasul. Kemudian Rasulullah memerintahkan Ali untuk salat Hajat. Dari segi keshahihan hadits ulama berbeda pendapat beberapa mengatakan dhoif. Namun, menurut Imam Bukhori hadits ini shahih berdasarkan dalil al Quran yang menyatakan agar meminta pertolongan Allah melalui sabar dan salat.

“Tujuannya menunjukkan kepada teman-teman bahwa terdapat salat khusus, salat hajat, untuk meminta kepada Allah agar dikuatkan hafalannya,” terang Fadhil Agus Bahari. Sie Acara Syauqi XI ini menerangkan bahwa sebenarnya salat ini dilaksanakan selama tujuh hari, bahkan 15 hari. Namun menurutnya, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan bahwa ada salah hajat untuk menguatkan hafalan al Quran. (br/nhl)

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up