MAHASISWA S-2 PBA BELAJAR DI NEGERI PIRAMIDA
Abadi Wijaya Jumat, 22 Maret 2019 . in Berita . 1375 views
1898_pba3.jpg

Langkah Nyata Program Kerja Sama Internasional UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
GEMA-Melalui Program Kerja Sama Internasional, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan Pelatihan Bahasa Arab (Daurah fi al Lughah al Arabiyah). Kali ini, kampus ini melebarkan kiprahnya ke Mesir, tepatnya di Mahad Muallimi Al Qur’an, Giza. Lembaga tersebut telah menjalin kerja sama dengan UIN Malang sejak 2017.
Menurut data yang dihimpun Gema (22/3) program ini bukan hanya untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Arab aktif saja. tetapi juga menambah pengetahuan peserta tentang Ilmu Tafsir, Ilmu Fiqh, Ilmu Mu’jam, Metodologi Penulisan Karya Ilmiah, serta pengalaman praktik Bahasa Arab dan al Quran dengan berbagai macam bacaan (qira’at).

1899_pba3.jpg

Dewi Hamidah, staf Lembaga Kerjasama Luar Negeri UIN Malang, menyatakan pihaknya telah mengirimkan perwakilan mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Program Magister. “Mereka dipandu oleh tim ahli di bidangnya dari Universitas al Azhar Kairo, dan Universitas Canal Suez,” jelasnya.
Untuk memudahkan peserta, program ini dibagi menjadi beberapa kajian. Yaitu Peningkatan Kemahiran Bahasa Arab Fusha, Metode Pengajaran Bahasa Arab untuk Non-Penutur (Isma’ wa takallam), Tahsin, Tahfiz, dan Sanad Tahfiz al Quran, Kajian Ilmu al Quran, serta Daurah Ilmu Hukum Islam.

1900_pba4.jpg


Program pelatihan intensif ini telah berlangsung sejak 24 Februari 2019 hingga 7 April mendatang. Selain itu, Mahad Muallimi al Quran juga memfasilitasi para peserta untuk mengunjungi beberapa tempat wisata internasional. Seperti, Piramida, Spinx, Benteng (qol’ah) Shalahuddin Al Ayyubi, Perpustakaan Alexandria, Pantai dan Istana Montaza, Banteng Qaitbey, serta ziarah ke beberapa makam auliya’ baik yang ada di Kairo maupun Alexandria. (aj/nhl)

1901_pba1.jpg

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up