PESAN PROF. DR. H. A. MALIK FADJAR UNTUK UIN MALANG
Abadi Wijaya Rabu, 13 Maret 2019 . in Berita . 279 views
1859_malikfadjar.jpg
Prof. Dr. H. A. Malik Fadjar saat bersilaturahmi ke UIN Malang, Rabu (13/3).

GEMA-Siang ini, Rabu (13/3) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang kedatangan tamu kehormatan Prof. Dr. H. A. Malik Fadjar, M.Sc salah satu anggota dewan pertimbangan presiden RI 2014-2019. Kedatangan Prof. Malik langsung disambut Rektor UIN Maliki Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. M. Zainuddin, MA, serta para dekanat di lingkungan UIN Maliki.

Kehadiran Prof. Malik di UIN Malang dijadwalkan akan mengisi kuliah umum di Program Pascasarjana UIN Maliki dengan tajuk Peran Strategi Pendidikan Islam  di Era Reformasi Sosial.

Pria kelahiran Yogjakarta 80 tahun silam ini dalam arahannya berpesan bahwa mengemban amanah mengembangkan perguruan tinggi itu memang tidaklah mudah. Yang perlu diperhatikan bukan hanya persoalan fisik saja, akan tetapi yang lebih penting lagi adalah meningkatkan SDM-nya. "Jangan sampai kita terjebak dan sibuk dengan  persoalan pengembangan bangunan saja," pesan Mantan Menteri Pendidikan Nasional Kabinet Gotong Royong 2001-2004 ini.

Mengelola kampus itu, kata dia, memang membutuhkan manajemen yang baik, tanpa itu, institusi pendidikan sulit berkembang. Selain itu, juga harus bisa mengikuti dan memanfaatkan teknologi yang berkembang. "Semua itu dibutuhkan SDM yang mumpuni dan memadai," terangnya.

Kampus ini, kata Prof. Malik, membutuhkan SDM yang masih muda dan bisa dengan cepat menerima perubahan ke arah yang lebih baik dan mengikuti pola perkembangan di era global ini. "Yang tua bisa dijadikan sebagai pengarah dan dewan pembina,"  lanjut Manten Menteri Agama Kabinet Reformasi Pembangunan ini.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang 1983-2000 itu berharap, siapapun rektornya di UIN Maliki Malang ini harus tetap bisa menjaga pola komunikasi yang komunikatif, jangan sampai terputus, apa lagi sengaja diputus. "Hal ini dibutuhkan komitmen, jangan sampai mencari kebanggaan di eranya masing-masing," pesannya.

Selain itu, UIN Maliki Malang selalu dihadapkan dengan persaingan perguruan tinggi yang super ketat. Kompetisi selalu dilakukan dengan perguruan tinggi yang lebih maju dari UIN Maliki Malang. Setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu SDM yang cukup dan memadai, memiliki netwoking yang luas dengan memiliki pola komunikasi uang baik, dan memiliki kompetensi yang tinggi. "Tiga hal itu jika dimiliki UIN Maliki Malang akan mampu bersaing dengan perguruan tinggi maju lainnya," pungkas pria kelahiran 22 Februari ini. (*/nhl)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up