(22-23/3).
Rapat lanjutan tahap dua ini akan dihadiri an..." />
RAPAT PERSIAPAN PEMBUKAAAN PRODI BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS AL-AZHAR MESIR
Abadi Wijaya Jumat, 22 Maret 2019 . in Berita . 867 views
1896_rapat-1.jpg

GEMA-Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. Isroqunnajah hari ini melakukan rapat lanjutan tahap dua persiapan pembukaan Program Studi Bahasa Indonesia di Universitas Al Azhar, Jum'at-Sabtu (22-23/3).
Rapat lanjutan tahap dua ini akan dihadiri anggota konsorsium yang terdiri dari tiga perguruan tinggi yaitu UIN Maliki Malang, UGM Yogyakarta, dan UMS Surakarta.
Pembukaan Prodi  Bahasa Indonesia itu rencananya akan diresmikan bulan September mendatang. Segala persiapan dilakukan mulai dari persoalan administrasi, dosen pengajar serta kurikulum yang akan digunakan di Prodi Bahasa Indonesia di Universitas Al Azhar Mesir.

1897_rapa2.jpg
Lembaga Kerjasama luar negeri Dr. Dewi Hamidah menjelaskan bahwa rencana pembukaan Prodi Bahasan Indonesia ini atas dasar permintaan dari Universitas Al Azhar dan ditindaklanjuti oleh anggota konsorsium yang terdiri dari tiga perguruan tinggi yaitu UIN Maliki Malang, UGM Yogyakarta, dan UMS Surakarta. "Di Indonesia hanya tiga perguruan tinggi itu yang dipercaya Al Azhar, dan UIN Maliki Malang satu-satunya yang dari PTKIN," terang Dewi Hamidah saat rapat persiapan pembukaan Prodi Bahasa Indonesia yang berlangsung di ruang WR III.

Sementara itu, Gus Is dalam arahannya menegaskan, pertemuan tahap dua ini lebih difokuskan pada pembahasan proses penyelenggaraan, kurikulum dan juga bahan ajar apa saja yang dibutuhkan. Pasalnya, kurikulum yang disusun tentunya berbeda dengan Prodi Bahasa Indonesia yang ada di sini. "Tentunya harua disesuaikan dengan kebutuhan dan budaya yang ada di Al Azhar, sehingga keberadaan Prodi Bahasa Indonesia bisa lebih mudah diterima," pintanya.
Persoalan sejarah kebudayaan yang Islami serta persoalan aqidah ahlussunah wal jamaah turut melengkapi penyusunan kurikulum Prodi Bahasa Indonesia. "Al Azhar minta nantinya ada empat tenaga pengajar yang akan mengajar Bahasa Indonesia di sana, dan semuanya harus bergelar doktor," pungkasnya. (aj/INFOPUB).

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up