SEHARI UNTUK 5 TAHUN KE DEPAN
Iffatunnida Kamis, 14 Maret 2019 . in Berita . 184 views
1860_asesor.jpg
SIAP ASESMEN: Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris bersama keempat asesor dari BAN-PT

 

GEMA-Keempat asesor Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) tiba di UIN Malang untuk menjalankan tugasnya, Kamis (14/3). Mereka ialah Prof. Marwan Asri, M.B.A., Ph.D. (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta), Prof. Dr. Budi Nurani R., M.Si. (Universitas Padjajaran, Bandung), Dr. Akhmad Rifa’i, M.Phil. (UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta), dan Dr. Suparto, M.Ed., Ph.D. (UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta).
Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag. beserta jajaran pimpinan universitas dan fakultas menyambut keempat tamu agung yang tiba di Gedung Rektorat pukul 07.40 WIB. Mereka disuguhi presentasi maket pembangunan kampus tiga dan dilanjutkan dengan penjelasan pohon keilmuan UIN Malang. “Semua mahasiswa harus menempuh mata kuliah wajib seperti Kewarganegaraan, Bahasa Arab dan Inggris di dua tahun awal studinya,” jelas Prof. Haris.
Selanjutnya, audiensi di Aula Rektorat Lt.5 dimulai. Sesi ini dihadiri oleh rektor dan para wakilnya, jajaran pimpinan tingkat fakultas dan jurusan, beberapa alumni, serta perwakilan mahasiswa. Tampak pula, rektor UIN Malang periode 2009-2013, Prof. Dr. Imam Suprayogo.
Dalam sambutan pembukanya, Prof. Haris menjabarkan sejarah pembangunan UIN Malang yang dulunya masih berafiliasi dengan IAIN Yogyakarta pada 1961. Pada perkembangannya, UIN Malang sudah mengembangkan pedoman keilmuan sendiri yang berlandaskan integrasi. “Kami merujuk pada dua entitas pendidikan yang dituliskan Prof. A. Malik Fadjar yakni pendidikan pesantren dan pendidikan perguruan tinggi,” papar rektor kelahiran Lamongan itu.
Ia juga berharap, agar dalam asesmennya, para asesor dapat memberi kritik serta masukan untuk kemajuan UIN Malang. Pasalnya, hasil akreditasi adalah salah satu penentu masa depan UIN Malang pada periode lima tahun mendatang.
Sesi tanya jawab pun dilakukan. Setelah sekitar 30 menit, asesor meminta agar sesi ini dipindah di ruangan yang lebih kecil agar diskusi semakin intens. Sehingga, kegiatan tersebut dialihkan ke Ruang Rapat Senat di Lt. 4 Gedung Rektorat. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up