PRINGATI HARI BUMI, INI YANG DILAKUKAN UKM MAPALA TURSINA UIN MALANG
Abadi Wijaya Senin, 22 April 2019 . in Berita . 767 views
1992_mapala1.jpg
PERINGATI HARI BUMI: Salah satu mahasiswa pecinta alam UIN Maliki Malang saat menertibkan kendaraan roda dua di halaman parkir gedung B.

GEMA-Sayup sayu pagi diterangi cahaya mentari serta kicauan burung-burung di setiap pojok di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki, Red), menandakan hari bumi se dunia diperingati, Senin (22/4). Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun tepatnya pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional.
Setiap tahun sekali, komunitas pecinta alam Mapala Tursina UIN Maliki mengadakan kegiatan peringatan hari bumi dengan cara menetralisirkan udara di lingkungan kampus dari asap rokok, mesin kendaraan bermotor, mobil serta bersih-bersih sampah plastik di lingkungan UIN Maliki.

1993_mapala-2.jpg


Salah satu koordinator kegiatan Muh. Rizal mengatakan acara ini akan terus dilaksana setiap 22 April karna kegiatan ini sangat positif untuk edukasi dan memberikan kesadaran kepada sivitas akademika serta masyarakat bahwa saat ini di Indonesia dan Malang secara khusus sudah kebanyakan asap kendaraan dan sampah.
“Semoga dengan dilaksanakan peringatan hari bumi ini menjadi alarm bagi masyarakat dan pengembang industri bahwa Indonesia sudah overload sampah dan asap,” harapnya.
Pelaksanaan peringatan hari bumi kali ini, tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Semua mahasiswa, dosen dan karyawan yang masuk di wilayah kampus tidak diperbolehkna menghidupan kendaraannya. Semua kendaran bermotor harus dimatikan mulai dari pintu gerbang masuk, sehingga suasana kebisingan dari kendaraan tidak terdengar sama sekali. “Alhamdulillah, semua mematuhi agenda peringatan hari bumi ini, dan kami pun juga didukung langsung oleh Rektor UIN Maliki Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag,” jelasnya.

1994_mapala-3.jpg


Rencananya, tambah dia, kegiatan ini akan berakhir hingga pukul 18.00 WIB, dan semua anggota Mapala sudah menyebar di sejumlah titik untuk mengawasi dan memantau agar tidak ada satupun kendaraan yang dinyalakan saat di dalam kampus. “Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan bisa mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat khusunya sivitas akademika UIN Maliki untuk menjaga lingkungan hidup ini agar tetap asri dan sehat,” pintanya.

Reporter:
Ahmad Mirza Wildan Abrar

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up