BSA: 2019 DULANG PENGHARGAAN INTERNASIONAL
Abadi Wijaya Jumat, 10 Mei 2019 . in Berita . 1074 views
2052_bsa-juara.jpg
JUARA: Mahasiswa BSA saat menjuarai Gebyar Bahasa Arab (GBA) IAIN Cirebon, Kamis (25/4)

GEMA-Tahun 2019 ini menjadi istimewa bagi Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA). Pasalnya setelah di akhir 2018 BSA telah menutupnya dengan berbagai prestasi, tahun ini pun BSA kembali beraksi. Berbagai prestasi nasional bahkan internasional berhasil diboyong jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Humaniora ini.

2053_bsa-juara-2.jpg

Beberapa hari yang lalu, mahasiswa BSA menjuarai debat yang digelar IAIN Cirebon, Kamis (25/4). Dalam gelaran Gebyar Bahasa Arab (GBA) IAIN Cirebon, BSA mengirimkan tim dari mahasiswa semester dua. Meskipun masih tergolong mahasiswa baru, mereka mampu menjadi juara. Juara yang berhasil diraih adalah Juara 2 Debat bahasa Arab (Ilma Nailu, Khozinul Asror, dan Lilik), Juara 2 MQK Fika Burhan, dan Juara 2 Lomba Insya' Nailur Rohman.

2054_juara-bsa-3.jpg
UIN Malang saat dinobatkan sebagai Juara 3 Debat Bahasa Arab Se-ASEAN dalam gelaran Unisi Arabic Debating Championship (UADC) ke-3 Yogyakarta (13-15/4).

Sebelumnya, UIN Malang telah dinobatkan sebagai Juara 3 Debat Bahasa Arab Se-ASEAN dalam gelaran Unisi Arabic Debating Championship (UADC) ke-3 Yogyakarta (13-15/4). Hal ini ditetapkan setelah Tim Debat Bahasa Arab BSA berhasil meraih Juara 3 Debat Bahasa Arab Tingkat ASEAN yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Indonesia Yogyakarta tersebut. Tim debat ini terdiri dari Aditia Maulana (PBA), Nandang Nurdiansah (BSA), Mar’atun Nailur Rif’ah (BSA), dan Ayub Abdillah (PBA) sebagai pemain pengganti.

2055_bsa-juara.jpg
Dua mahasiswa BSA UIN Malang sesaat setelah mendapat penghargaan Best Speaker.

Bahkan dua mahasiswa BSA UIN Malang mendapat penghargaan khusus. Kedua mahasiswa tersebut adalah Nandang Nurdiansyah sebagai Terbaik ke-2 dan Mar'ah Nailur Rif'ah sebagai terbaik ke-4 Best Speaker Arabic Debate.

UADC 3 sendiri merupakan kompetisi tahunan Debat Bahasa Arab yang pada tahun ini diikuti oleh 27 tim, termasuk Negeri Jiran Malaysia. Ajang berskala internasional ini telah menggunakan sistem perpaduan, sistem debat di Qatar dan Malaysia. Dalam system ini terdapat 5 pertandingan di babak penyisihan. Kemudian perempat final oleh 8 tim teratas di papan klasemen. Yang selanjutnya babak semi final dan diakhiri babak final.

2056_bsa-juara.jpg

Dalam perjalannya, Tim Debat UIN berhasil menyapu bersih 5 kemenangan di babak penyisihan tanpa sisa. Kemudian, di babak 8 besar, UIN Malang berhasil mengalahkan UIN Yogyakarta untuk kemudian melangkah ke semifinal menghadapi kampus negeri tetangga, Universitas Malaya, Malaysia.

“Hanya syukur yang terpanjat, atas diraihnya prestasi mahasiswa BSA, mudah mudahan mereka terus berprestasi untuk mengukir dunia,” ujar Halimi. Ketua Jurusan BSA ini terus memotivasi mahasiswa agar selalu mengukir prestasi terbaiknya. “Fastabiqul khairat!” tegas sastrawan internasional ini penuh semangat. (nhl)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up