DEKAN FE BERI WEJANGAN MAHASISWA PESERTA PKL
Iffatunnida Jumat, 17 Mei 2019 . in Berita . 760 views
2061_pklfe.jpg

GEMA-Fakultas Ekonomi (FE) memberikan orientasi terkait Praktik Kerja Lapangan (PKL) kepada mahasiswa semester enam, Kamis (16/5). Kegiatan ini sekaligus tanda dimulainya program PKL tahun 2019. Dekan FE Dr. Nur Asnawi meresmikan permulaan program PKL di Aula Gedung Rektorat Lt. 5.
Asnawi mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh peserta PKL. Salah satunya adalah etika. “Masing-masing peserta adalah miniatur institusi kita, mencerminkan bagaimana kualitas lembaga,” jelasnya. Ia menambahkan almamater FE UIN Malang harus dijaga. Akreditasi A yang diraih Jurusan Akuntansi, Jurusan Manajemen, dan Fakultas Ekonomi harus dibuktikan dengan kualitas peserta PKL.
Sesi panel dinarasumberi oleh Dr. Ir. Masyhuri yang merupakan perintis penyusunan laporan di FE UIN Malang. Bersama tiga ketua jurusan di FE, ia memaparkan perbedaan PKL tahun ini dengan sebelumnya. “Istilah Praktik Kerja Lapangan Integrasi tahun ini hanya menjadi PKL saja,” tuturnya. Hal tersebut dikarenakan integrasi yang dimaksud merupakan pengabdian masyarakat yang tahun ini sudah dilaksanakan pada semester lima lalu. Buku pedoman, lanjut Masyhuri juga harus dimiliki oleh masing-masing peserta PKL.
Peserta, lanjutnya, harus memiliki program dan tujuan penelitian khusus selama pelaksanaan PKL. Beberapa kasus terjadi disebabkan peserta yang tidak memiliki program. “Saya sempat menemui mahasiswa diposisikan sebagai sekuriti,” tutur Masyhuri. Hal itu bisa diantisipasi dengan menentukan fokus penelitian, seperti akuntansi keuangan, manajemen sumber daya, dan sebagainya.
Setelah menentukan fokus, peserta membagi subfokus kepada masing-masing anggota. “Misalkan fokus di Manajemen SDM, subfokusnya ada job recruitment, placement staff, dan lainnya, itu dibagi ke masing-masing anggota,” jelas lulusan Ekonomi Pertanian itu. (ir/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up