INVESTASI UNTUK LINDUNGI UANG KITA
Iffatunnida Senin, 6 Mei 2019 . in Berita . 688 views
2042_investasi.jpg

GEMA-Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) bersama Asisten Laboratorium Galeri Investasi Syariah (GIS) Fakultas Ekonomi UIN Malang menggelar Sekolah Pasar Modal Syariah, Selasa (30/4). Acara yang terselenggara di Home Theater Fakultas Humaniora ini diikuti oleh mahasiswa yang telah membuka akun investor. Wakil Dekan FE Siswanto membuka acara tersebut.
Direktur GIS Nanang mengatakan agenda ini merupakan salah satu rangkaian edukasi pasar modal untuk mahasiswa. “Kita sudah melaksanakan sekitar 30 edukasi kecil di kantor GIS,” tambahnya. Hal senada disampaikan Siswanto. Dua bulan lalu GIS telah menyelenggarakan edukasi pasar berjangka untuk menyambut Industri 4.0. Siswanto berharap muncul investor-investor baru demi memberikan kontribusi untuk perekonomian bangsa. “Entrepreneur muda harus ikut acara seperti ini, supaya tidak hanya pada sektor riil, tapi juga pasar modal,” jelasnya.
Narasumber Dian Fajar dari Bursa Efek Indonesia (BEI) menjelaskan bahwa sebelum berinvestasi harus paham tujuannya terlebih dahulu. “Kita berinvestasi adalah agar nilai uang yang kita miliki tidak turun, padahal sebenarnya turun,” paparnya. Salah satu caranya dengan berinvestasi pada aset apapun dengan imbal hasil sebanding dengan kenaikan barang. “Investasi yang bagus adalah pada aset dengan imbal hasil di atas inflasi,” jelas Dian. Ia menambahkan inflasi Indonesia selama 10 tahun terakhir mencapai nilai 5%. “Kita bisa pilih investasi pada emas, obligasi, deposito, atau saham,” tambahnya.
Dian melanjutkan, objek investasi juga tergantung pada sifat investasi yang ingin dijalankan. “Kalau kita investasi jangka panjang tanpa resiko yang besar, bisa memilih obligasi,” tutur Dian. Investor yang ingin berinvestasi jangka panjang dengan resiko yang cukup tinggi, disarankan memilih saham. “Investasi tabungan tidak direkomendasikan karena nilai imbal baliknya lebih rendah daripada inflasi, hanya 2%,” pungkasnya. (ir/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up