PIONIR 2019: FOKUS PENJURIAN DAN KEPESERTAAN
Iffatunnida Jumat, 24 Mei 2019 . in Berita . 827 views
2070_rakor-pionir1.jpg

GEMA-Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Malang Dr. Isroqunnajah mengundang staf administrasi PTKIN selama dua hari di Malang (23-24/5). Undangan Koordinasi Persiapan Teknis tersebut ditempatkan di Hotel GETS untuk merembukkan hal-hal menjelang Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni, dan Riset (PIONIR) Juli mendatang. Kasubdit Sarpras Kementerian Agama Drs. Safriansyah, MBA. mengawali pengarahan yang dimulai sore hari tersebut.
Menurutnya hal mendasar namun tingkat urgensinya tinggi ialah teknis penjurian serta kepesertaan. Penjurian adalah persoalan terbesar yang selalu menjadi sorotan. “Tidak cuma di PIONIR, namun di semua event kompetisi pasti hal ini jadi sorotan utama,” ujarnya. Untuk itu, panitia PIONIR mengatasinya dengan tidak sembarang memilih juri. “Kita menggunakan juri yang berlisensi untuk meminimalisir bias,” jelasnya.
Selain itu, Safriansyah menyoroti teknis terkait kepesertaan. Ada dua hal yang menurutnya harus dimatangkan yakni kualitas dan keabsahan peserta. Jangan sampai peserta yang dikirimkan dipilih asal-asalan. “Peserta lomba dan atlet-atlet yang dikirimkan harus melalui seleksi ketat setidaknya selama sebulan,” paparnya.
Selanjutnya, ia menjelaskan bahwa di PIONIR 2019 ini ada dua teknis registrasi peserta. Pertama ialah pendaftaran by number. Dalam tahap ini, panitia akan mengetahui animo di setiap cabang lomba. Jika terlalu sedikit, tentu lomba harus dibatalkan. “Minimal ada empat peserta yang bertanding di setiap cabang lomba,” tekannya.
Kedua ialah pendaftaran by name. Tahap ini dilakukan ketika suatu cabang lomba telah disetujui untuk dilakukan. Dalam tahap ini, setiap kampus harus mendaftarkan peserta dengan mengisi data yang diminta panitia. Staf yang bertanggung jawab di setiap kampus harus menaruh perhatian ekstra di sini. “Jangan sampai ada kesalahan identitas,” lugasnya. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up