TARGET STANDARISASI TOEFL
Iffatunnida Jumat, 17 Mei 2019 . in Berita . 2594 views
2060_toefl.jpg

GEMA-Hari kelima pelaksanaan Standarisasi TOEFL (Test of English as a Foreign Languange) berjalan lancar. Tes tahunan yang dilakukan selama seminggu ini (13-17/5) melibatkan seluruh mahasiswa yang memprogram mata kuliah Bahasa Inggris semester genap. Pihak Program Khusus Pengembangan Bahasa Inggris (PKPBI) sebagai penyelenggara mengungkapkan harapannya.
Ketua PKPBI Dr. Syamsudin ingin agar mahasiswa dapat memenuhi target yang diharapkan UIN Malang. “Bagi mahasiswa S1, skor minimal ialah 450,” jelasnya. Hal ini merujuk pada edaran yang pernah dikeluarkan oleh wakil rektor bidang akademik.
Untuk merealisasikan hal tersebut, pihak PKPBI selalu mengevaluasi perkuliahan intensif semester genap yang memang difokuskan pada pembekalan TOEFL.
Dari segi materi, Direktur Pusat Pengembangan Bahasa Dr. M. Abdul Hamid serta ketua PKPBI telah membentuk tim penyusun buku English Test 101. Buku tersebut pun sudah diperlihatkan kepada pimpinan universitas. Bahkan, sudah dipakai di kampus lain. “Jadi saya rasa, tidak ada masalah dalam hal materi,” tutur Syamsudin.
Justru, lanjutnya, yang harus selalu dibenahi ialah pembelajaran di kelas. Ia selalu mengingatkan kepada tim pengajar PKPBI untuk memaksimalkan efektivitas pembelajaran di kelas. “Tentu mahasiswa juga harus menambah dengan belajar mandiri di luar kelas agar apa yang diajarkan tidak hilang,” imbuh dosen kelahiran Yogyakarta ini.
Asis Wahyudi, Ketua Divisi English Testing, menjelaskan pihaknya menyiapkan secara maksimal untuk pelaksanaan tes ini. Mulai dari mendata jumlah mahasiswa yang tes setiap harinya, audio file, juga lembar jawaban. “Buku soal terdiri dari empat kode sehingga kecurangan dalam ujian bisa diminimalisir,” paparnya. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up