UIN MALANG BUKA CAKRAWALA PENGETAHUAN BERSAMA WIKIMEDIA INDONESIA
Abadi Wijaya Selasa, 28 Mei 2019 . in Berita . 641 views
2075_wikimedia.jpg
Rektor UIN Malang, Prof. Abd. Haris, M.Ag bersama Biyanto Rebin Ketua Umum Wikimedia Indonesia saat menandatangi MoU di Ruang Rektor, Lt.1 Gedung Ir. H. Soekarno Lt.1, Senin (27/5).


GEMA-UIN Malang kembali mengadakan kerja sama baru dengan pihak luar. Kali ini bukan sembarang instansi ataupun perusahaan bisnis namun lebih pada salah satu organisasi nirlaba yang sudah terkenal di Nusantara. Organisasi tersebut adalah Wikimedia. Nota kesepakatan bersama yang ditandai dengan adanya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antar kedua pihak dilaksanakan di ruang Rektor UIN Malang Prof. Abd. Haris, M.Ag, Gedung Ir. H. Soekarno Lt.1, Senin (27/5).

2076_wikimedia-2.jpg


Tim dari Wikimedia Indonesia berjumlah tiga orang. Mereka adalah Biyanto Rebin (Ketua Umum), Raisa Abdillah (staf Teknis) dan Raymond Sutanto (Koordinator bagian pendidikan). Dalam perbincangannya bersama Prof. Haris dan juga Wakil Rektor bagian kerjasama dan pengembangan lembaga Dr. Uril Bahruddin, MA., Biyanto menyatakan rasa takjub dan kaget atas respon dari pimpinan UIN Malang dalam menyambut sekaligus menerima kedatangan dari tim Wikimedia Indonesia itu. Pasalnya, pria asal Salatiga tersebut tidak menyangka akan welcome-nya para pimpinan UIN Malang ketika share dan diskusi membahas soal penyebaran akses pengetahuan yang semakin cepat, luas dan bebas di jaman sekarang ini.
“Ternyata UIN Malang ini cukup progresif dibandingkan dengan universitas-universitas negeri lainnya terutama yang berbasis Islami,” ungkap Ketua Umum Wikimedia itu. Menurutnya, selama ini PTN lain yang seperti UIN Malang pada umumnya lebih cenderung untuk kurang terbuka atau lebih menutupi akses produk pengetahuannya. PTN lain yang berbasis Islami itu merasa takut dengan akses informasi yang bebas karena dengan banyak alasan salah satunya, misalnya akan terjadinya plagiasi, dll.

2077_wiimedia.jpg


Harapan ke depan setelah adanya MoU ini adalah mampu saling bergotong royong, saling membantu menyebarluaskan akses produk pengetahuan dari UIN Malang secara cepat dan luas ke masyarakat dan dunia luar, misalnya hasil riset, temuan dosen, karya ilmiah, prestasi-prestasi mahasiswa, sampai pada tumbuh kembangnya kampus yang berlogo Ulul Albab ini. (ptt/nhl)

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up