SPIRITUAL KEBANGSAAN DALAM PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA
Abadi Wijaya Sabtu, 1 Juni 2019 . in Berita . 254 views
2094_upacara.jpg


GEMA-Seluruh warga dan sivitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang hari ini, Sabtu (1/6) kompak hadir dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Tidak seperti biasanya, karena acara rutin tiap setahun sekali ini dilaksanakan di teras dan taman depan Gedung Rektorat Ir. H. Soekarno, Sabtu (1/6).
Di awal sambutannya Prof. Abd. Haris, M.Ag Rektor UIN Malang yang bertindak sebagai pembina upacara, langsung mengucapkan rasa syukur sekaligus rasa bangganya atas kehadiran dan kedisiplinan para warga kampus UIN Malang dalam mengikuti upacara tersebut. “Saya tidak menyangka, ternyata peserta upacara kali ini lebih banyak dari yang kami (Rektor dan Kabiro AUPK,-red) perkirakan sebelumnya,”ungkapnya.
Dalam amanahnya beliau memberikan dorongan spiritual kebangsaan. Hal itu terwujud dari lahirnya Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia. Terutama yang tertuang pada sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Menurutnya hal tersebut memiliki esensi yang paling penting untuk tidak hanya dibaca, dihafal dan dipahami. Begitu juga diikuti sila-sila yang lainnya hendaknya bisa diaplikasikan dalam wujud perilaku berkebangsaan di kehidupan sehari-hari.
“Semoga kita semua diberi kekuatan dan ridha Allah SWT agar benar-benar mampu memahami, menjaga dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila,” harap profesor kelahiran Lamongan ini sambil mengakhiri sambutannya.
Usai pelaksanaan upacara prof. Haris juga menyerahkan SK CPNS tahun 2018 kepada 4 orang yang bersangkutan. (ptt/*)

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up