UIN MALANG HARUS TERUS BERINOVASI
Abadi Wijaya Jumat, 26 Juni 2020 . in Berita . 401 views
2806_khot1.jpg

GEMA-Sadar akan ketatnya persainagan perguruan tinggi di era digital 4.0 ini membuat Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag menghimbau kepada seluruh pimpinan untuk membuat formasi pendidikan yang sesuai dengan era industri ini. Hal itu disampaikan usai mengadakan khotmil Quran yang bertempat di kantor Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Gedung Rektoral Lt.3, Jum’at (26/6).
Dalam arahan singkatnya Prof. Haris meminta agar kedepan UIN Maliki bisa menjadi kampus rujukan bagi mahasiswa luar yang hendak studi lanjut. Khususnya bagi Program Pascasarjana baik magister maupun doktoralnya. UIN Malang jauh hari sudah bercita-cita formasi penerimaan mahasiswa baru lebih didominasi oleh Program Pascasarjana dengan prosentasi 40 persen mahasiswa baru strata S1 dan 60 persennya mahasiswa pascasarjana. “Inilah yang diharapkan oleh para pendiri kampus ini sejak lama,” paparnya.

2807_khot2.jpg


Bapak kelahiran Lamongan itu menilai pembelajaran dipascasarjana saat ini sudah luar biasa. Akan tetapi, jangan terlena dengan prestasinya hingga akhirnya tidak melakukan inovasi dan gagasan untuk terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas lulusannya. “Ingat, bahwa barometer keberhasilan suatu pendidikan itu bisa dilihat dari output lulusannya,” tegasnya.
Kedepan, tambah dia, Pascasarjana di UIN Maliki harus memiliki integrasi dengan program setudi yang ada di program sarjana S1. “Hal ini agar bisa menggenjot minat dari calon mahasiswa pascasarjana ke depan,” harapnya.
Selain itu, hasil penelitian para dosen yang spektakuler harus terus digenjot dan dipublikasikan. Sehingga penemuan dari dosen tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas. Misalkan saja hasil penemuan kabut anti virus atau yang akrab di sebut Kavi itu serta hasil penemuan wastafel elektrik untuk menjaga kebersihan dalam menghadapi pandemi covid-19 ini. “Semoga semua hasil penemuan ini bisa bermanfaat dan bagi dosen yang lain agar segera menyusul membuat penemuan baru yang bisa bermanfaat untuk masyarakat luas,” tegasnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up