REKTOR: PERHATIKAN PANDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abadi Wijaya Selasa, 14 Juli 2020 . in Berita . 308 views
2849_web2.jpg


GEMA-Prof. Dr. H. Abdul Haris, M. Ag, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim mengungkapkan bahwa kita semua harus benar-benar memperhatikan pendidikan anak khususnya saat masih usia dini. Hal ini ia sampaikan saat menjadi keynote speech dalam acara Webinar S2 Psikologi UIN Maliki Malang, dengan tema "Strategi Mengasuh dan Belajar Menyenangkan, Menjaga Mental Anak SEHAT". Selasa (14/7)
"Anak-anak di usia yang masih dini itu harus benar-benar kita jaga, rawat dan diperhatikan dengan segala macam cara terutama soal proses pendidikannya," ungkapnya diawal acara webinar.
Lanjut, kata rektor asal Lamongan ini bahwa pendidikan anak di usia dini itu menentukan begitu banyak hal penting bagi tumbuh kembangnya sang anak pada saatnya nanti. Apa pun yang saat itu anak-anak alami, lakukan, ia lihat, ia rasakan akan menjadi suatu memori yang menakjubkan. Hingga akhirnya bisa mempengaruhi dan menentukan pola hidup sampai personality dari anak-anak tersebut.
Oleh karena itu, masih kata Prof. Haris sapaan akrabnya, ia berpesan agar ketika kita memberikan pendidikan anak di usia dini sebisa mungkin juga bisa menjaganya dengan penuh ekstra hati-hati, terutama soal psikisnya. "Jadi jangan sampai perkembangan psikisnya terganggu," harapnya.
Apalagi di saat situasi pandemi covid-19 seperti ini, proses pendidikan bagi anak-anak menjadi sangat terbatas. Ia pun menyarankan dalam mendidik anak agar mentalnya sehat diperlukan strategi agar bagaimana pun caranya kondisi obyektif kejiwaan anak-anak terjaga dengan baik, sehingga mereka tetap bisa bebas berkreasi, berekspresi dengan kebiasaannya bahkan sampai hal keharusannya.
Kemudian jika sudah ditemukan strategi yang tepat maka segera dikaji dan dikonsultasikan dengan para psikolog, pakar pendidikan, guru dan siapa pun yang terlibat proses pendidikan untuk diimplementasikan dalam kegiatan mengasuh hingga belajar mengajar anak. (ptt)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up