SIAPKAN SDM UNGGUL JADI KUNCI PERTAMA UIN MALIKI MENUJU SMART ISLAMIC CAMPUS
Abadi Wijaya Rabu, 15 Juli 2020 . in Berita . 291 views
2848_web1.jpg


GEMA-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ingin segera merealisasikan model Smart Islamic Campus. Hal tersebut dinyatakan langsung oleh Prof. Dr. H. Abdul Haris, M. Ag selaku Rektor UIN Maliki saat menjadi salah satu keynote speakers dalam acara Webinar Internasional dengan tema "Pengembangan dan Implementasi SMART Islamic Campus: Peluang dan Tantangan". Rabu(15/7)
Prof. Haris, begitu sapaan akrab Rektor UIN Maliki ini menjelaskan bahwa menjadi smart Islamic Campus bagi UIN Maliki sekarang ini bukan lagi bagian dari pilihan-pilihan namun sudah menjadi keharusan. Jika UIN Maliki memilih dan harus mewujudkannya, maka hal yang pertama yang dilakukan adalah mendesain sedemikian rupa sehingga sumber daya manusia(SDM)nya yang diperlukan untuk menuju smart Islamic campus itu benar-benar siap.
Menurutnya, UIN Maliki sudah cukup mumpuni dari segi SDM yang dimiliki karena sekarang di kampus yang berlogo Ulul Albab ini telah mempunyai prodi Teknik Informatika (TI) Strata (S1) dan juga Strata 2 (S2) ditunjang dengan adanya guru besar yang profesional di bidang tersebut. Selain itu, dari informasi yang didapat bahwa ada alumni dari UIN Maliki yang telah direkrut menjadi bagian dari PT. Lintasarta-Indonesia.
Oleh karena itu, Prof. Haris menyarankan untuk memanfaatkan seoptimal dan semaksimal mungkin SDM yang dimiliki UIN Maliki untuk nantinya benar-benar terlibat dan berpartisipasi penuh dalam mewujudkan smart Islamic campus.
Selanjutnya, hal kedua yang diperlukan adalah membangun jaringan dengan lembaga-lembaga di luar kampus. Ketiga, yakni UIN Maliki harus segera bertindak dan tidak boleh menunda-nunda dalam usaha memenuju era smart Islamic campus. Keempat, UIN Maliki harus memulai dengan apa yang ada dan dimiliki saat ini. "Jangan menunggu hingga semuanya lengkap, kita harus mulai dari apa yang bisa kita lakukan!", tegas Prof. Haris sambil mengakhiri paparan materinya.(ptt)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up