TREN FROZEN FOOD: PASTIKAN PROSESNYA HALAL
Iffatunnida Senin, 27 Juli 2020 . in Berita . 80 views
2867_mastuki.jpg

GEMA-Mendekati perayaan Idul Adha, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menginisiasi seminar nasional daring bertema “Kurban, Sembelihan Halal dan Kewajiban Sertifikasi Halal RPH/U”, Sabtu (25/7). Dr. Mastuki, M.Ag., Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal di Kementerian Agama (Kemenag) RI menyoroti tren frozen food untuk produk-produk hewani yang di masa pandemi ini semakin marak. Sebut saja bakso, nugget, sosis, dan sebagainya.
Menurutnya, produk frozen food masih aman dikonsumsi. Hanya saja, perlu diperiksa lagi apakah produk berbahan dasar daging tersebut memenuhi standar kehalalan atau tidak. Pengawasan kehalalan untuk makanan beku yang dikeluarkan industri rumahan masih mudah untuk dipantau. Namun, untuk proses produksi dalam jumlah besar tentu memerlukan pengawasan yang ekstra.
Mastuki melanjutkan, seluruh proses tentu kembali kepada source of origin-nya. Apakah daging yang digunakan merupakan produk hewan yang diperbolehkan menurut syariah atau tidak. Setelah itu, baru masuk ke dalam proses penyembelihan sesuai anjuran agama dan proses produksi hingga pengemasannya.
Ia mewanti-wanti agar produsen mengawasi dengan seksama selama proses produksi makanan beku. “Jangan sampai dalam prosesnya tercampur dengan bahan-bahan yang dinilai najis,” jelasnya.
Untuk memastikannya, masih kata Mastuki, peran Lembaga Jaminan Produk Halal (JPH) sangat diperlukan. Sertifikat halal yang nantinya dikeluarkan melalui perantara Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal di bawah naungan Kemenag akan meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha. “Logo halal yang tertera di suatu produk akan memberikan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan. Sehingga, konsumen tidak ragu untuk membeli produk tersebut,” paparnya.
Narasumber lain yang juga dihadirkan pada seminar daring tersebut ialah Dr. Isroqunnajah, M.Ag., Ketua PCNU Kota Malang yang juga merupakan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Malang. Selain itu, Eko Saputro, M.Si., Widyaiswara Juru Sembelih Halal di Balai Besar Pelatihan Peternakan, Kota Batu juga menyampaikan persyaratan penyembelih saat momen Idul Adha nanti. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up