UM-PTKIN ONLINE DILAKSANAKAN EMPAT HARI
Iffatunnida Senin, 3 Agustus 2020 . in Berita . 423 views
2873_tess.jpg
SELEKSI Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) serentak dimulai pada Senin (3/8) di seluruh Indonesia

GEMA-Meski masih dalam masa pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease), seluruh universitas termasuk yang di bawah naungan Kementerian Agama tetap melaksanakan seleksi mahasiswa baru. Selama empat hari, ujian masuk untuk kampus negeri milik Kemenag dilakukan secara daring di seluruh Indonesia (3-6/8). Hal tersebut sesuai dengan yang tertulis dalam Surat Edaran Panitia Nasional PMB PTKIN Nomor 064/SPAN-UM/VI/2020 tentang Perubahan Sistem dan Jadwal Pelaksanaan UM-PTKIN Tahun 2020.
Peserta yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi tersebut dapat mengerjakan ujian di domisili masing-masing. Tes dapat dilakukan dengan segala jenis gawai, seperti ponsel pintar, laptop, atau komputer. Tentunya, setiap peserta juga harus memastikan bahwa sinyal internet mereka tidak mengalami gangguan.
Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Malang Prof. Dr. M. Zainuddin, MA. mengungkapkan bahwa peminat jalur UM-PTKIN tahun ini mengalami peningkatan. Begitu juga dengan peserta ujian yang memilih UIN Malang sebagai destinasi belajarnya. Untuk itu, materi ujian dipersiapkan secara maksimal oleh panitia. "Maka pelaksanaan ujian dibagi menjadi beberapa gelombang (empat hari, Red.) agar kualitas input calon mahasiswa baru tetap terjaga," jelas guru besar bidang Sosiologi Agama tersebut.
Ia melanjutkan, hasil tes jalur ini hanya akan diambil sekitar 50 persen saja. Ada beberapa pertimbangan panitia untuk meluluskan calon mahasiswa baru. Selain hasil ujian dari UM-PTKIN, panitia juga akan melihat nilai rapor sekolah setiap peserta yang memenuhi syarat. Dengan beberapa kriteria ini, mahasiswa yang diterima nantinya diharapkan akan lebih serius saat kuliah.
Karena baru pertama kali menggunakan sistem daring, Imam Ahmad, Kabag AAKK UIN Malang menyatakan, UM-PTKIN butuh banyak evaluasi. Hasil evaluasi setiap harinya akan menjadi bahan untuk memperbaiki pelaksanaan ujian di esok hari atau musim ujian mendatang.
Mukhlish Fuadi, Ketua PTIPD UIN Malang menambahkan, aplikasi untuk keperluan seleksi UM-PTKIN telah dipersiapkan tim IT dari Kemenag RI. "Pihak UIN Malang hanya menjalankan prosedur sesuai arahan dari pusat," tuturnya. (aj/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up