KELOLA DANA KEMATIAN, MAHASISWA FE RAIH PRESTASI
Iffatunnida Rabu, 30 September 2020 . in Berita . 683 views
2974_presfe.jpg
KETIGA mahasiswa Fakultas Ekonomi ini meraih prestasi Karya Ilmiah Terbaik tingkat nasional

GEMA-Siapa sangka, dengan membantu masyarakat dalam mengelola dana kematian di desa, tim mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) berhasil meraih gelar membanggakan. Mereka tergabung dalam Sharia Economic Student Community (SESCOM), yaitu Zanuba, Wahab, dan Mirta. Dalam Temu Ilmiah Nasional ke-19 yang dihelat Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (KSEI FE UNP) pada 24 hingga 29 Agustus lalu, tim UIN Malang meraih gelar Penulis Karya Ilmiah Terbaik Tingkat Nasional.
Wahab menyatakan, pembahasan timnya masuk dalam sub tema Manajemen Keuangan Masjid. Karya mereka berjudul “Optimalisasi Pengelolaan Dana Kematiaan Jamaah Masjid dalam Konsep Asuransi Jiwa Syariah (Studi Kasus di Masjid Jami’ At-Taqwa, Desa Gununggronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang)”.
Ia menjelaskan, karya itu terinspirasi saat melakukan Kuliah Kerja Mahasiswa di desa tersebut. Berawal dari percakapan dengan takmir masjid, ia mengetahui dana kematian yang terkumpul sangat besar. “Ada sekitar Rp. 85.000.000 yang dikelola oleh masjid,” ucapnya.
Selanjutnya, bersama Mirta, ia mewawancara pengelola dana tersebut untuk menggali data yang lebih akurat. Mereka menyimpulkan bahwa dana tersebut berpotensi untuk dikembangkan. “Contohnya saja untuk pengobatan jamaah yang sakit,” imbuh Mirta.
Zanuba pun menawarkan solusi berupa penerapan konsep asuransi jiwa syariah berbasis masjid (takaful masjid). Melalui konsep ini, iuran peserta atau premi yang dibayarkan akan lebih jelas rinciannya. “Jamaah masjid juga bisa mengajukan pencairan dana untuk pengobatan, biaya pasca kecelakaan, dan lainnya,” jelasnya. (*/nd)

Sumber: Fadil

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up