PSIKOTES CPNS KEMENAG 2019 SERENTAK SE-INDONESIA
Abadi Wijaya Jumat, 18 September 2020 . in Berita . 134 views
2955_skb-psikotes.jpg
112 peserta SKB CPNS Formasi 2019 tengah mengikuti Ujian Psikotes di Aula Rektorat UIN Malang.

GEMA-Tahapan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kementerian Agama formasi tahun 2019 memasuki tahap kedua yaitu Psikotes. Peserta yang sebelumnya berjumlah 114 menjadi 112 peserta dikarenakan dua peserta tidak hadir tanpa ada konfirmasi pada panitia, Jumat (18/9). Sebelum memasuki tempat ujian Psikotes, seluruh peserta harus melalui prosedur kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 (Corona Virus Disease). Seperti, pengecekan suhu tubuh dan menggunakan hand sanitizer.

Kepala Organisasi Kepegawaian dan Hukum (OKH) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Umihanik menjelaskan bahwa pelaksanaan Ujian Psikotes untuk CPNS ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Panitia lokal yang mendapat mandat sebagai tempat tes harus menyiapkan segala kebutuhan demi menunjang kelancaran ujian. Tidak seperti tahun sebelumnya, Psikotes dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test-Badan Kepegawaian Negara (CAT-BKN). "Semua sudah kami persiapkan agar berjalan lancar," tambahnya.

Bobot tahap SKB, lanjut Umihanik, terbagi menjadi 3, yakni Psikotes 30%, Praktik Kerja 35%, dan Wawancara 35%. Tes wawancara sendiri akan dilaksanakan selama tiga hari pada 19-21/9. Tes wawancara bertempat di Gedung Perkuliahan B UIN Malang dan dibagi menjadi tiga gelombang. "Setiap penguji bertanggung jawab mewawancarai 37 orang setiap harinya," jelasnya.

Ia menambahka, kelulusan peserta merupakan hasil kerja peserta itu sendiri. Penilaian dilakukan secara transparan dan tidak ada permainan apalagi praktik nepotisme. "Kelulusan tahap SKB CPNS ditentukan dari hasil akumulasi nilai yang sudah ditentukan panitia pusat," terangnya. (aj/nd)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up