DONOR DARAH UNTUK SEHAT DAN BANTU SESAMA
Abadi Wijaya Selasa, 13 Oktober 2020 . in Berita . 63 views
2981_donor.jpg


GEMA-Meski saat ini seluruh dunia sedang dilanda virus korona atau yang akarb di sebut COVID-19, tak menyurutkan niat UIN Maliki Malang untuk terus melakukan penggalangan donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang. Donor darah kali ini sekaligus untuk memperingati Dies Maulidiyah ke-59 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Selasa (13/10).
Donor darah yang berlangsung di gedung perkuliahan B ini diikuti 58 pendaftar dan yang memenuhi syarat sebanyak 42 orang saja, sementara yang 16 orang ditunda karena kurang memenuhi syarat. Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung selama lima jam itu berjalan dengan lancar.
Ketua pelaksana kegiatan donor darah dr. Christiyaji menegaskan bahwa kegiatan donor darah ini untuk membantu saudara-saudara yang sedang membutuhkan darah di rumah sakit. Pasalnya, di era pandemi ini stok darah yang ada di PMI mengalami penurunan drastis. Sementara itu, kebutuhan darah di rumah sakit semakin hari semakin banyak. “Untuk itu, semoga dengan adanya kegiatan donor darah ini bisa membantu saudara kita yang saat ini sedang membutuhkannya,” terangnya.
Saat ditanya syarat mendonorkan darah, dr. Chris sapaan akrab dr. Christiyaji menjelaskan bahwa semua orang dapat mendonorkan darah jika memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan, yaitu sehat jasmani dan rohani dan berusia 17–65 tahun, memiliki berat badan minimal 45 kg, memiliki tekanan darah dalam batas tekanan sistolik 100–170 mmHg dan diastolik 70–100 mmHg, memiliki kadar Hb normal, yaitu 12,5–17,0 g% dan pendonor tidak mendonorkan darahnya dalam 12 minggu terakhir. “Selama pandemi ini, jika pendonor mengalami demam, tidak enak badan, atau gejala yang mengarah pada COVID-19, seperti batuk, pilek, dan sulit bernapas, maka tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan transfusi darah,” terangnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up