JASA KIAI DAN SANTRI BAGI NKRI TIDAK BISA DINILAI DENGAN MATERI
Abadi Wijaya Kamis, 22 Oktober 2020 . in Berita . 591 views
2995_santri1.jpg

GEMA-Begitu besar dan luar biasanya jasa para kyai dan santri zaman dahulu dalam memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak akan bisa dinilai dengan material. Hal ini disampaikan oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. Abd. Haris,M. Ag, selaku Inspektur Upacara saat memberikan sambutan acara peringatan Hari Santri Nasional 2020 di Lapangan Utama Kampus I UIN Maliki Malang, Kamis(22/10).

2996_santri2.jpg


Selanjutnya, dalam kesempatan itu Prof. Haris sapaan akrab rekator UIN Maliki mengajak semuanya khususnya warga sivitas akademika UIN Maliki Malang untuk selalu menghargai jasa-jasa para kyai dan santri terdahulu. Oleh karena begitu pentingnya jasa mereka (kyai dan santri-red) salah satunya yakni ditetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional oleh Presiden Jokowi. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengenang kembali semua jasa para kyai dan santri dalam memperjuangkan eksistensi NKRI hingga saat ini. “Hal ini tidak boleh dilupakaan sampai nantidsi hari kiamat!,” tegasnya.
Rektor asal Lamongan ini pun berharap kepada warga kampusnya agar bisa memberikan apresiasi yang lebih dari yang lainnya terhadap peringatan Hari Santri Nasional ini. Ia juga menghimbau agar semuanya lebih bersemangat dalam mengisi kemerdekaan negeri ini. Menurut orang nomer wahid di kampus berlogo Ulul Albab ini bahwa warga UIN Maliki adalah bagian dari kyai dan santri di zaman ini. Sehingga ke depannya siapa pun nantinya berhak menjadi bagian pemimpin negeri ini. “Mau menjadi presiden, menteri, Bupati atau cukup menjadi Ketua RT, silahkan!,” ucapnya.
Di ujung sambutannya, Prof. Haris mengungkapkan bahwa disamping kemerdekaan NKRI sebagai warisan perjuangan kyai dan santri maka di sisi lain hal tersebut menjadi amanah tersendiri. Sehingga beliau menyatakan sebagai tanggungjawab besar bagi generasi bangsa saat ini adalah melakukan segala hal kebaikkan demi perkembangan dan kemajuan negeri ini. “Kita penerus perjuangna para kyai dan santri mesti terlibat dalam memperbaiki bangsa Indonesia yang kita cintai ini,” pungkasnya. (ptt)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up