PERINGATI HARI SANTRI: UTAMAKAN TOLERANSI DAN MODERASI DALAM BERAGAMA
Abadi Wijaya Kamis, 22 Oktober 2020 . in Berita . 469 views
2997_santri3.jpg


GEMA-Dalam rangka memperingati hari santri nasional, pimpinan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang bersama sivitas akademika menggelar upacara di lapangan utama, Kamis (22/10).
Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag memimpin langsung upacara peringatan hari santri 2020, dalam amanatnya, memperingati hari santri harus ada untuk mengingat sejarah peran santri dalam melawan penjajah. Sejarah telah mencatat bahwa melalui rsolusi jihad 1945KH. hasyim Asy'ari menetapkan wajib hukumnya para santri melawan para penjah, semua santri harus semangat berjuang meski waktu itu jumlah dan teknologi melawan penjajah tidak seimbang. "Dengan semangat takbir para santripun membela NKRI ini dengan penuh semangat," ceritanya.

2998_santri-4.jpg


Presiden pun, kata Prof. Haris meminta agar para santri jangan pernah melupakan kejadian ini, sejarah para santri memperjuangkan tanqah air ini. "Para kiai dan santri satu kesatuan yang tidak bisa terlepaskan, santri dengan sandal dan sarung menjadi salah satu ciri khasnya," terangnya.
Masih kata Prof. Haris, memperingati hari santri ini, seluruh warga besar UIN Maliki Malang harus turut andil mengisi kemerdekaan NKRI ini dengan cara bekerja dan berkarya dengan semaksimal mungkin, yang dosen, tenaga pendidik semua bekerja dengan tuposkinya masing-masing, sementara mahasiswa belajar dengan baik di kampus ini. "Begitulah salah satu cara memajukan negeri melalui institusi ini. Santri harus mengutamakan toleransi dan moderasi dalam beragama, selamat harsi santri dan jayalah selalu," tutupnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up