PESAN NASIHAT REKTOR UIN MALANG DI HARI SANTRI 2020
Abadi Wijaya Kamis, 22 Oktober 2020 . in Berita . 404 views
3004_santri.jpg

Penulis & Foto: Syifa Oktania Elsa

GEMA-Mengenang jasa ulama dalam resolusi jihad kemerdekaan, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang peringati Hari Santri Nasional 2020 dengan upacara bendera. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Utama, Kamis (22/10).
Upacara Hari Santri 2020 merupakan agenda setiap tahun di UIN Malang, yang bertujuan untuk mewujudkan rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia sehingga di detik ini UIN Malang mampu mengemban amanah untuk meneruskan generasi para pahlawan serta ulama.
Saat penyampaian amanat upacara, Prof. Abdul Haris memberikan pesan bahwasanya warga kampus Ulul Albab ini harus mengapresiasi jasa para kyai serta santri, karena berkat perjuangan mereka membela tanah air UIN Malang saat ini mampu menjadi lembaga pendidikan tinggi yang memfasilitasi ribuan penuntut ilmu.
Beliau melanjutkan, peringatan Hari Santri ini tidak boleh dilupakan, karena sebenarnya pejuang kemerdekaan itu adalah para kyai dan santri yang meneriakkan semangat Allahu Akbar. “Bahkan sampai hari kiamatpun tidak boleh dilupakan.” Tuturnya.
Rektor Kampus Hijau tersebut juga mengingatkan kepada warga kampus terutama mahasiswa UIN Malang agar kelak menjadi santri yang mampu menduduki jajaran birokrasi, serta ahli di berbagai bidang ilmu seperti Sains dan Teknologi. Agar santri mampu mengintegrasikan ilmu agama dan pengetahuan, “jadi selain ahli dibidang kedokteran juga ahli membaca kitab seperti kitab fathul wahab,” ungkapnya.
Beliau juga menuturkan, “kelak saya harap presiden ada yang berasal dari seorang santri pun juga alumni UIN Malang.” Tuturnya dalam penutup amanat upacara.
Kegiatan yang bertepatan pada hari Kamis ini dihadiri oleh sejumlah para jajaran petinggi kampus, para musyrif/ah serta santri Ma’had Aly dengan diikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, physical distancing, serta pengecekan suhu badan.(syf)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up