UIN MALIKI JALIN KERJASAMA DENGAN KEMENAKER RI
Abadi Wijaya Jumat, 23 Oktober 2020 . in Berita . 188 views
3006_ker.jpg


Penulis & Foto: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kedatangan tamu dari orang nomer wahid di Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, yakni Ida Fauziyah, M. Si. Kedatangannya beserta tim Kemenaker RI ini disambut hangat oleh Rektor UIN Maliki Prof. Dr. H. Abd. Haris, M. Ag beserta jajarannya. Tujuan Menaker Ida sapaan akrabnya ini adalah untuk silaturahim dan yang utama yakni memberikan arahan terkait program pengembangan karir alumni UIN Maliki Malang sekaligus menjalin kerjasama di bidang peningkatan mutu sumber daya manusia(SDM). Kamis (22/10)

3007_ker1.jpg


Mengawali arahannya, Menaker Ida menyatakan rasa takjubnya dengan kondisi kampus hijau yang berlogo Ulul Albabdi kota Malang ini. Ia merasakan adanya atmosfer yang berbeda setelah mendengarkan sambutan Prof. Haris sapaan akrab Rektor UIN Maliki sekaligus melihat video profile universitas. Begitu agungnya cita-cita dari UIN Maliki yakni ingin membangun universitas sekaligus mendirikan pusat pendidikan Islam dan menjadi pusat dari pengembangan peradaban Islam di Indonesia dan untuk dunia. "Saya rasa UIN-UIN lainnya yang ada Indonesia memiliki tujuan yang sama tetapi di UIN Maliki Malang ini berbeda,"ungkapnya.
Dalam kesempatan itu, Menaker Ida menjelaskan bahwa saat ini kondisi ketenagakerjaan di Indonesia masih memiliki beberapa permasalahan, salah satunya adanya tidak sebandingnya antara kondisi SDM dengan besarnya kebutuhan pasar kerja. Ia menambahkan, tantangan ketenagakerjaan Indonesia ke depan yakni harus mampu bersaing dan menghadapi perubahan era industri 4.0. Hal tersebut selanjutnya akan berpengaruh pada siklus kebutuhan kerja dan kesiapan kompetensi SDM di Indonesia. Selanjutnya, Ibu berkarakter cekatan ini juga gencarnya menyosialisasikan substansi UU Cipta Kerja. Menurutnya, meski saat ini masih diliputi pro-kontra bahkan sampai terjadinya aksi demo dari masyarakat Indonesia namun ke depan dengan UU Cipta Kerja dapat mempermudah izin usaha sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan secara masif.

3009_e.jpg

Usai memberikan arahan, Menaker Ida meresmikan pembentukan Career Development Center di UIN Maliki. Ia berharap adanya unit tersebut nantinya alumni dari UIN Maliki dapat membantu pemerintah dalam mempercepat kesiapan pembangunan SDM di kalangan akademisi.
Terakhir, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) peningkatan kemampuan SDM antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan UIN Maliki Malang. MoU kali ini meliputi pelatihan kerja dan pelatihan kewirausahaan, penelitian ketenagakerjaan serta akses informasi ketenagakerjaan.Sehingga pada hal ini, para alumni lulusan UIN Maliki nanti akan mempunyai akses informasi dan pelatihan (advokasi) yang sesuai di pasar kerja. (ptt)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up