UIN MALIKI PETIK BUAH INTERNASIONALISASI INSTITUSI DARI UNS SURAKARTA
Abadi Wijaya Jumat, 27 November 2020 . in Berita . 618 views
3034_uns.jpg


Penulis dan Foto: Putut Wahyu hardiyanto


GEMA-Semangat para pimpinan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang patut diacungi jempol. Buktinya, kampus berlogo Ulul Albab yang bulan kemarin genap berusia 59 tahun terus berupaya mewujudkan visinya. Salah satunya, melalui agenda Studi banding senat akademik di Universitas Negeri Surakarta (UNS). Dalam agenda yang dihadiri para tokoh penting antar kedua institusi ini, berlangsung di Ruang Sidang Lt.2, Gedung Ir. Prakosa, Kantor Pusat UNS, Rabu (25/11).
Saat memberikan sambutan, Prof. Dr. Abd. Haris, M. Ag sebagai perwakilan tim Studi banding UIN Miliki Malang mengatakan bahwa kunjungannya bersama para wakil rektor, anggota senat dan guru besar ke UNS bertujuan untuk silaturahmi sekaligus menimba pengalaman dari Senat Akademik(SA) UNS. Khususnya, pengalaman UNS dalam hal internasionalisasi institusi.

3035_uns2.jpg


"Tujuan kami datang ke sini(UNS) adalah tidak lain melainkan silaturahmi untuk share dan diskusi sekaligus ingin mendapatkan pengalaman implementasi UNS dalam mengembangkan status institusinya," ucap Prof. Haris sapaan akrab rektor UIN Maliki Malang.
Selanjutnya, dijelaskan oleh ketua Senat Akademik UNS, Prof. Dr. Adi Sulistiyono, S.H., M.H bahwa adanya perubahan institusi UNS dari statusnya BLU menjadi PTN-BH membutuhkan perjuangan yang luar biasa. Menurutnya, hal yang paling fundamental yakni soal modal. Meski bukan hal yang paling dasar namun modal berupa materi itu sangat besar pengaruhnya terhadap perubahan status institusi. Selain itu faktor komunikasi internal, manajemen dan kerjasama serta networking dengan pihak terkait mesti diperhatikan. Sehingga pada akhirnya, apabila semua komponen telah ready to action kemungkinan peluang besar menuju perubahan status institusi pendidikan tinggi akan segera terealisasi. "Sungguh prosesnya itu tidaklah lama, asal segala syarat, komponen dan modalnya telah ada maka teruslah berusaha hingga terwujud perubahan pada hasilnya," pungkas Prof. Adi sapaan akrabnya.(ptt)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up