FGD DWP UIN MALIKI : Komitmen menjadi Pondasi Utama Kesuksesan Organisasi Dharma Wanita
Abadi Wijaya Selasa, 8 Desember 2020 . in Berita . 572 views
3037_dwp1.jpg

Penulis dan Foto: Putut Wahyu Hardiyanto


GEMA-Dharma Wanita Persatuan(DWP) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mendapat kunjungan istimewa dari DWP Kementerian Agama (Kemenag) Pusat. Pasalnya, tamu yang hadir kali ini adalah Hj. Farichah, S. Pd. I, seorang publik figur di lingkungan DWP Kemenag Pusat sekaligus istri dari Prof. Dr. H. Nizar Ali, M. Ag, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia. Kedatangan orang nomer wahid dari DWP Kemenag Pusat itu disambut hangat oleh ketua DWP UIN Maliki Malang, Dra. Hj. Rif'atul Choiriyah beserta para pengurus di ruang rektor, Lt. 1 Gedung Ir. (Hc) Soekarno. Jumat(20/11)

3039_dwp3.jpg

Selanjutnya, dalam kesempatan yang berharga tersebut Farichah Nizar Ali, begitu nama panjangnya selain bersilaturahmi juga mendapat penghargaan sebagai narasumber dalam acara Focus Group Discussion(FGD) dengan tema "Meningkatkan Potensi Perempuan Dalam Mencapai Visi Misi Kementerian Agama". Acara tersebut diselenggarakan di Meeting Room, Lt. 3 Gedung Rektorat.

Maka dari itu, Ibu yang telah dikaruniai dua orang putra ini mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para pengurus DWP UIN Maliki sekaligus merasa tersanjung atas segala bentuk perhatian dalam menyambut kedatangannya. Memulai materi bahasan saat FGD, Farichah lebih detail menjelaskan tentang bagaimana upaya para warga DWP menghidupkan peranan dari organisasi yang semuanya beranggota ibu-ibu atau istri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di instansi manapun milik negara Republik Indonesia, tak terkecuali di instansi Pendidikan Tinggi berstatus Negeri.

3038_dwp2.jpg

Menurutnya, pondasi utama dari berdiri sampai tumbuh kembangnya keberadaan organisasi wanita (DWP) yakni adanya komitmen. "Jadi ibu-ibu sekalian, jika kita ingin organisasi DWP kita ini sukses maka modal utamanya harus ada komitmen!", tegasnya. Komitmen dalam hal ini, masih kata Farichah yakni komitmen yang bisa menyadarkan diri kepada para anggota untuk menyakini bahwa DWP bisa mandiri apa pun situasi dan kondisnya, aktif menjalankan peranannya, bertanggung jawab dan mampu bekerja sesuai dengan lima budaya kerja di Kemenag, antara lain: 1) integritas, 2) profesionalitas, 3) inovatif, 4) tanggung jawab dan 5) keteladanan.

Farichah menganalogikan bahwa semisal komitmen para pengurus DWP sudah benar-benar ada kemudian ditambah dengan adanya penerapan lima budaya kerja Kemenag, maka inshaa Allah kesuksesan bisa tercapai dan itu secara tidak langsung bersinergi dengan tujuan Kemenag RI. "Mari kita syukuri, menjadi pengurus DWP berarti berstatus sebagai istri dari pejabat ASN, itu adalah nikmat namun sekaligus juga amanah. Cara mensyukurinya yaitu dengan kita para pengurus DWP melakukan tugas dengan lebih baik dan semakin hari tambah baik", jelasnya.

Capaian dari suksesnya DWP itu yang paling sederhana seperti tujuanya yang tertulis di syair Mars DWP yakni:
Tercapailah harapan kita,
sejahteralah anggota dan keluarganya.
"Semoga DWP UIN Maliki Malang di sini bisa sukses, mensejahterakan anggota dan keluarganya serta bermanfaat bagi lingkungan masyarakat di sekitarnya", harapnya seraya diamini oleh para pengurus DWP yang hadir. (ptt)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up