UIN MALANG PERINGATI HARI BAHASA ARAB INTERNASIONAL
Abadi Wijaya Senin, 14 Desember 2020 . in Berita . 187 views
3041_hari-b-arab.jpg

Penulis & Foto: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menaruh perhatian besar terhadap perkembangan bahasa Arab, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia Internasional. Buktinya untuk menyambut peringatan hari Bahasa Arab Internasional tahun ini yang jatuh pada tanggal 18 Desember, kampus berlogo Ulul Albab di Malang Raya ini menyelenggarakan website seminar(webinar) Internasional, Jumat (11/12).

3042_hari-b-arab2.jpg


Tidak tanggung-tanggung, acara yang mengusung tema "Bahasa Arab di Indonesia: Perspektif Luar Negeri" ini mengundang pemateri di bidang pemerhati dan pakar bahasa Arab dari orang luar. Diantaranya yang pertama Prof.Dr. Dustin Cowell (University of Wisconsin) dari USA. Kedua Prof. Dr. )Shaleh Al Shitsri (King Khalid Military College) dari Saudi Arabia, dan ketigab Prof. Dr. Faisal Mahmoud Adam (University of the Holy Quran and Islamic Science) dari Sudan.
Sehingga wajar saja webinar berskala internasional ini pelaksanaannya menggunakan bahasa Arab. Begitu interes-nya Rektor UIN Maliki, Prof.Dr. Abd Haris M.Ag saat sambutan mengungkapkan bahwa kampus yang ia pimpin memang mempunyai perhatian yang sangat tinggi terhadap bahasa Arab. Hal itu terbukti sampai sekarang UIN Maliki sendiri terus mengasah dan mempelajari bahasa Arab. Selain melalui proses perkuliahan dan juga seminar seperti ini, juga dilakukan melalui aktivitas di ma'had.

3043_sutarman.jpg


Dalam webinar kali ini, para pembicara memberikan pandangannya sebagai orang luar terkait bahasa Arab di Indonesia. Fokusnya pada eksistensi bahasa tersebut sejak awal datang, lalu perkembangannya sampai sekarang di Indonesia. Asumsi dasarnya mereka memandang bahwa bahasa Arab begitu kuat di Indonesia karena di Indonesia ini terkenal mayoritas penduduknya ialah muslim.
Selain webinar, menurut Ketua panitia acara, Dr. H. Sutaman, MA ada lagi momentum penting yang saat itu digelar juga bersamaan di ruang rektor, Lt. 1 Gedung Ir. (HC) Soekarno, yakni launching pengurus konsorsium Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Maliki Malang. Dalam hal ini, yang mendapat amanah menjadi ketua konsorsium PBA adalah Dr. Sutaman sendiri selaku moderator saat acaranya berlangsung.
Ditanya sesusai acara, Sutaman pun memiliki pendapat bahwa webinar tentang eksistensi Bahasa Arab di Indonesia dalam pandangan luar negeri merupakan hal sangat penting dalam pengembangan Bahasa Arab itu sendiri baik secara mikro maupun makro. Karena bahasa Arab merupakan bahasa Al Quran yang mayoritas sudah tidak asing digunakan oleh orang Indonesia.
"Saya terkesan dengan komprehensipnya pandangan para pemateri terkait pendidikan Bahasa Arab di indonesia. Begitu pula antusias para peserta seminar dari berbagai negara dan seluruh PTKIN se-Indonesia. Harapannya hasil dari seminar itu bisa dijadikan rekomendasi bagi pemerintah dan pelaksana pendidikan khususnya di Indonesia," pungkasnya.
Hadir saat acara Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan yang juga memberikan sambutan pembuka acara, Ketua Pusat Pengembangan Bahasa, Kepala PKPBA, Kaprodi beserta sekprodi PBA, para dekan dan ketua unit-unit yang terkait di UIN Maliki. (ptt)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up