UPACARA HAB KE-75 KEMENAG RI DI MASA PANDEMI HANYA DIIKUTI PARA PIMPINAN SAJA
Abadi Wijaya Selasa, 5 Januari 2021 . in Berita . 176 views
3062_hab1.jpg


GEMA-Upacara memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama Republik Indonesia di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berlangsung dengan hikmad. Meski masih dalam masa pandemi COVID-19, pastinya dengan selalu menjalankan protokol kesehatan yang ketat.Hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi warga kampus berlogo Ulul Albab ini untuk secara langsung mengikuti upacaranya di Lapangan Utama kampus 1 UIN Maliki Malang. Selasa (5/1).
Dalam kesempatan ini, Prof. Dr. Abd. Haris, M. Ag rektor UIN Maliki selaku pembina upacara menyampaikan beberapa amanat pidato Menteri Agama pada HAB kali ini, yakni tentang semangat Kementerian Agama yang baru terutama dalam hal pengelolaan di wilayah Kemenag.
Dijelaskannya terkait amanat dari pimpinan Kemenag yang baru tersebut antara lain : Pertama, membahas manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan. Menurut rektor asal Lamongan ini, UIN Maliki sebagai instansi pendidikan tinggi Islam di bawah Kemenag RI juga harus mampu meningkatkan pelayanannya kepada siapa pun baik itu para pengguna jasa dan juga masyarakat pada umumnya. Apalagi semakin tahun, peminat yang ingin masuk ke UIN Maliki semakin bertambah banyak. Oleh karena itu, dengan keterbatasan yang ada Prof.Haris mengajak seluruh warga UIN Maliki agar mengoptimalkan secara maksimal semua pelayanan di setiap sektor atau unit kampus. "Jika di jenjang pendidikan S-1 kita memang belum bisa menambahkan jumlah mahasiswa barunya maka bisa kita alihkan penguatan fokus pada maba pascasarjana (S2) dan juga S-3," ucapnya. "Sehingga dengan demikian, lembaga kita bisa bertambah banyak pelayanannya dan juga adanya peningkatan tata kelola birokrasinya," imbuhnya.

3063_hab2.jpg


Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan. Apalagi, menurut Prof. Haris bahwa agama Islam sama sekali tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD'45 negara Indonesia. "Kita semua menyakini dengan seyakin-yakinnya Islam adalah agama yang benar dan ditrima Allah SWT. Namun kita sebagai umat Islam tidak boleh memaksakan pada orang lain meskipun demikian kita juga tetap dianjurkan untuk selalu berdakwah dengan cara yang baik, etis sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW. Sehingga kita warga UIN Maliki seyogyanya wajib menyampaikan risalah tersebut dengan tetap mengedepankan sikap tawadhu, tasamuh, dll," terangnya.
Ketiga, membangun persaudaraan atau yang sering disebut dengan ukhuwah. Hal ini meliputi ukhuwah Islamiah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah insaniyah. Melalui usaha bersama merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan. Sekarang ini negara Indonesia memang lagi diterpa masalah yang kemungkinan besar dapat mengacaukan ukhuwah. Namun, lanjut Prof. Haris dalam hal ini ia mengajak kepada para warga UIN Maliki sebagai insan dibawah naungan Kemenag untuk menjadi pelopor dan sudah semestinya wajib membantu menjaga ukhuwah di masyrakat.

3064_hab3.jpg


"Kita sendiri juga tahu di kampus ini ada yang NU ada yang Muhammdiyah, ada PMII ada juga HMI, dsb. itu semua mari kita maknai sebagai media. Jangan sampai ada gesekkan, apalagi diagamakan bahkan dijadikkan hal yang diperjuangkan sampai mati. Jadi yang harus diperjuangkan adalah Islam karena Islam pasti rahmatalill'alamin. Oleh karena dengan Islam mari bangun ukhuwah islamiyah, ukhuwah insaniyah dan ukhuwah wathaniyah,"pungkasnya.
Hadir saat acara para wakil rektor, para kabiro, dekanat fakultas, Direktur pascasarjana, para ketua UPT dan kepala Unit terkait. Sebelum upacara selesai pun diadakan sesi penandatanganan bersama Deklarasi Zona Integritas. (ptt)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up