FKIK UIN MALIKI MALANG TANGGAPI ISU GLOBAL
Abadi Wijaya Kamis, 25 Februari 2021 . in Berita . 592 views
3124_global.jpg

Reporter: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Isu kesehatan global menjadi salah satu poin yang dibahas di webinar Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Acara yang mengusung tema Peran PTKIN dalam Pendidikan Nasional Bidang Kesehatan ini merupakan inisiasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Narasumber yang dihadirkan ialah M. Hasanuddin Wahid, M.Hum. (Sekjen DPP PKB dan Anggota DPR RI Komisi X) dan Dr. Syafi'i, M.Ag. (Kasubdit Pengembangan Akademik DIKTIS Kemenag RI), Rabu (24/2).

3125_g.jpg

Hasan menuturkan bahwa tugas UIN Malang dan UIN lainnya tidak hanya fokus pada peristiwa isu kesehatan di lingkup lokal dan nasional, tetapi juga harus memperhatikan kejadian serupa yang berskala internasional. Dengan begitu, skala prioritasnya akan lebih luas. Kampus berlogo Ulul Albab ini nantinya selalu bisa mengetahui berbagai perkembangan dunia kesehatan hingga tidak akan tertinggal dengan modernisasi saat ini.

Ia melanjutkan, ada tiga isu kesehatan global yang jadi prioritas WHO di tahun 2021. Pertama, membangun solidaritas kesiapan dunia melawan pandemi dan isu kesehatan global. Kedua, mempercepat akses tes COVID-19, obat, dan vaksin. Terakhir, membangkitkan semangat melawan penyakit menular.

Ia berharap FKIK UIN Maliki memiliki Smart Health. Hal ini semacam unit yang dilengkapi perangkat atau media digital. Fungsinya untuk mendeteksi akan adanya bahaya penyakit. Biayanya tidak mahal dan cukup terjangkau. FKIK juga berperan sebagai edukator kesehatan bagi masyarakat sekitar, khususnya untuk masyarakat Malang Raya. Selanjutnya, berperan sebagai ahli manajemen spesialis kesehatan, yakni menjadi konsultan terkait hal-hal berkaitan dengan berbagai kebutuhan kesehatan di masyarakat. (ptt/nd)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up