PROF. ASNAWI: 4 LANGKAH DUKUNG MASTERPLAN EKONOMI SYARIAH
Iffatunnida Rabu, 17 Februari 2021 . in Berita . 192 views
3114_asnawi.jpg

GEMA-Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional mempersiapkan diri untuk menjadi negara mandiri, makmur, dan madani dengan menjadi pusat Ekonomi Syariah dunia. Sebagai institusi pendidikan, perguruan tinggi mendukung masterplan pemerintah ini dengan beragam cara edukasi. Ada empat hal yang bisa dilakukan perguruan tinggi menurut penuturan Prof. Dr. Nur Asnawi, M.Ag. dalam orasi ilmiahnya, Rabu (17/2).
Pertama ialah penguatan kemampuan literasi. Hal ini bisa dilakukan secara formal melalui pembukaan prodi Ekonomi Syariah dan juga secara informal melalui penyebaran konten di media massa dan sosial. Penguatan sumber daya manusia menjadi langkah kedua. Cara ini bisa dilakukan dengan mengajarkan sistem Ekonomi Syariah seperti perbankan dan industri halal kepada masyarakat. Cara ketiga dan keempat ialah dengan melakukan riset serta membangun lembaga kajian dan fatwa yang fokus pada tema tersebut.
Prof. Dr. Nur Asnawi, M.Ag. yang juga merupakan Dekan Fakultas Ekonomi dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi Syariah. Ia tak hanya bergerak aktif di bidang pendidikan sebagai dosen, namun juga berkiprah sebagai entrepreneur. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up