PROF. ROIBIN: ISLAM MEMBERI RUANG KEBEBASAN BAGI WANITA
Iffatunnida Rabu, 17 Februari 2021 . in Berita . 513 views

 

3112_roibin.jpg

GEMA-Di era modern ini, masih saja ada golongan yang menganut nilai patriarki sehingga menempatkan kaum pria di level tertinggi. Paham ini lah yang kemudian sering menimbulkan masalah di tengah masyarakat karena memberikan porsi kecil kepada wanita. Prof. Dr. Roibin, M.HI. mencoba mencari akar masalah paham ini. Menurutnya, paham ini merupakan paham yang terlalu kuno karena jika dirunut, sistem patriarki ada di zaman pra Islam, Rabu (17/2).
Setelah Islam datang dengan ajaran-ajaran dalam al Quran, lanjutnya, posisi wanita pun menjadi lebih terhormat. “Islam memberi ruang yang seimbang untuk kaum pria dan wanita,” jelas Prof. Roibin. Tak hanya itu, dalam Quran dan Sunnah, banyak dalil yang melindungi kaum wanita sehingga tidak dibenarkan jika ada golongan yang menganggap kaum wanita terbelakang. “Dengan ajaran yang dibawa Islam, martabat wanita diangkat,” imbuh Bapak kelahiran Nganjuk, 18 Desember 1968 tersebut.
Ia menambahkan wanita saat ini memiliki ruang bebas yang sama dengan pria. Mereka bisa menempuh pendidikan dan memiliki jabatan setinggi-tingginya. Dengan ini, ia berharap tak ada lagi kasus pelecehan ataupun pengucilan di masyarakat terhadap kaum wanita.
Prof. Roibin dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Kajian Islam untuk Fakultas Syariah. Dengan pengukuhan ini, ia merupakan profesor ketujuh yang dimiliki fakultas tersebut. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up