UIN MALANG: KAMPUS ISLAM NEGERI TERBAIK PERTAMA
Abadi Wijaya Minggu, 21 Februari 2021 . in Berita . 3789 views
3118_i.jpg

Reporter: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang meraih predikat sebagai UIN terbaik pertama di Indonesia versi UniRank tahun 2021. Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Maliki Malang, Mukhlish Fuadi, Minggu (21/2).

3119_o.jpg

Ia menjelaskan, sebenarnya bila dilihat dari ranking nasional, UIN Maliki Malang menempati peringkat 26 dari 557 lebih perguruan tinggi se-Indonesia yang memenuhi kriteria UniRank. Namun, ketika dicermati kampus-kampus di atasnya ternyata bukan kampus negeri berbasis Islam. Melainkan berstatus swasta dan juga dari luar negeri. Sehingga, UIN Maliki Malang menjadi kampus Islam negeri terbaik pertama dalam versi UniRank. "UIN Maliki Malang masuk dalam 10 besar kategori universitas Islam terbaik di dunia, atau tepatnya peringkat 9 di atas UII bersama universitas Islam lainnya,” ujarnya.

3120_y.jpg

Lebih lanjut, ia menjelaskan UniRank merupakan lembaga pembuat rangking perguruan tinggi internasional yang berbasis di Sydney, Australia. Lembaga itu setiap tahunnya, merilis survei perguruan tinggi terbaik di dunia. Sehingga dalam perankingan, lembaga tersebut pastinya memiliki parameter tersendiri sebagai indikatornya. 

Dikutip dari laman resmi www.4icu.org, daftar peringkat kampus Islam terbaik tersebut merujuk tiga indikator. Pertama, diakreditasi oleh organisasi pendidikan tinggi yang sesuai di setiap negara. Kedua, menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun, atau gelar pascasarjana (gelar magister dan doktoral). Ketiga, memberikan kursus terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan non-jarak jauh. (ptt/nd)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up