PERMUDAH LAYANAN, PERPUSTAKAAN KERJASAMA DENGAN LINK AJA
Abadi Wijaya Jumat, 5 Maret 2021 . in Berita . 506 views
3135_kerjasama.jpg

Reporter: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Demi memberikan layanan prima dimasa pendemi COVID-19, Perpustakaan Pusat UIN Maliki Malang terus melakukan inovasi dengan menerapkan sistem pembayaran digital. Hal ini disampaikan Kepala Perpustakaan Pusat UIN Maliki Malang Mufid M. Hum saat ditemui pasca MoU dengan Link Aja di ruang lobby Lt. 1, Gedung Rektorat, Jum'at (5/3).

Sebelumnya, Mufid menerangkan bahwa akibat masa pandemi, menyebabkan segala layanan pembayaran di perpustakaan UIN Maliki terkendala. Apalagi yang awalnya proses pembayaran secara langsung sekarang tidak memungkinkan bisa dilakukan oleh para pemustaka karena keberadaan mereka sedang di berbagai tempat/daerah masing-masing. 

Selanjutnya, masih kata Mufid untuk mengatasi masalah tersebut akhirnya perpustakaan UIN Maliki memiliki inisiatif menerapkan sistem pembayaran digital. "Sistem pembayaran digital itu nanti bisa digunakan untuk berbagai jenis pembayaran yang ada di perpustakaan, " terangnya. Kemudian untuk mewujudkan penerapan sistem pembayaran digital tersebut, perpustakaan UIN Maliki Malang bekerja sama dengan LINK AJA. 

Menurut Kevin Lastario, senior devisi development Link Aja area Malang dan Probolinggo bahwa memasuki era digitalisasi di bidang pendidikan maka banyak sekali unit di dalamnya yang sangat membutuhkan aplikasi digital. Ternyata, menurut Kevin UIN Maliki Malang yang pertama kali menerapkan terobosan baru itu yakni sistem pembayaran digital di unit perpustakaan. Ia nantinya bersama crew akan segera membuat modul khusus kepada mahasiswa UIN Maliki terkait sosialisasi transaksi digital melalui Link Aja. "Prosesnya sederhana saja, dan nanti mahasiswa atau siapapun dimana berada bisa melakukan pembayaran cukup di dalam rumah tanpa harus keluar untuk pergi ke perpustakaan, " imbuhnya. 

Kevin pun juga menegaskan, proses pembayaran digital melalui Link Aja sudah terjamin keamanannya bahkan juga terhindar dari tindak penyelewengan biaya. Sehingga hal itu sesuai dengan pernyataan dari Mufid sebelumnya, bahwa pembayaran digital nanti bisa mendukung pembangunan zona integritas di wilayah UIN Maliki khususnya di Unit perpustakaan pusat kampus. "Selain bisa melayani dari nominal pembayaran yang sangat minim maka transaksi seperti apa pun nanti pemasukan dananya langsung masuk ke rekening pusat, " pungkasnya.(ptt)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up