SEKJEN KEMENAG BERI ARAHAN DEWAN PENYANTUN UIN MALANG
Abadi Wijaya Jumat, 5 Maret 2021 . in Berita . 457 views
3134_penyantun.jpg

Reporter: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia (Sekjen Kemenag RI) Prof. Dr. Nizar Ali berkunjung ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.  Kehadirannya kali ini untuk silaturahmi sekaligus menjadi narasumber dalam rapat koordinasi dewan penyantun UIN Maliki Malang. Acara dengan metode hybrid meeting ini diselenggarakan di ruang Rektor Lt.1, Jumat (5/3).

Prof. Nizar begitu sapaan akrabnya, saat memberikan arahan kepada para dewan penyantun UIN Maliki sangat antusias. Ia mengatakan bahwa keberadaan dewan penyantun itu sendiri sangatlah penting. Hal tersebut dikarenakan, masih menurut mantan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) ini, bahwa adanya dewan penyantun bagi Perguruan Tinggi khususnya UIN Maliki yakni memberikan pertimbangan terhadap berbagai kebijakan rektor di bidang non-akademik. "Jadi apabila di bidang akademik yang berwenang memberi teguran adalah dewan senat sedangkan bagian non-akademik yang berperan dewan penyantun ini," terangnya. 

Selanjutnya, adanya dewan penyantun di UIN Maliki akan sangat membantu dalam proses pengembangan dan kemajuan lembaga terutama saat ini yang sedang menjadi target dari kampus berlogo Ulul Albab yakni menuju Smart Islamic University yang tidak hanya berskala nasional tetapi juga bertaraf internasional. 

Apalagi, masih kata Prof. Nizar sekarang ini UIN Maliki Malang telah memiliki dewan penyantun dengan komposisi luar biasa, yakni antara kepala daerah dan para ulama. "Diketuai oleh KH. Agus Ali Mansyhuri, seorang ulama besar yang luar biasa dan telah memiliki reputasi nasional, " ungkapnya. Oleh karena itu, Guru besar Ilmu Hadist UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini berharap hal tersebut bisa menjadi modal besar bagi UIN Maliki dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dengan jauh lebih baik ke depannya.

Ia juga menambahkan dengan kondisi sekarang ini, di sela-sela era disrupsi (revolusi Industri 4.0) sangat dibutuhkan sentuhan spiritualitas dari para ulama dan Kyai kepada para pelajar/mahasiswa. Tujuannya agar para generasi muda tidak terlepas dari pendidikan karakter, akhlak dan moral yang baik. 

"Saya mengapresiasi UIN Maliki yang menginisiasi merekrut dewan penyantunnya dari dua elemen, yakni ulama' umaro'," ucapnya ikut bangga.(ptt)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up