5 PROSES BERPIKIR MENURUT PROF. IRWAN ABDULLAH
Iffatunnida Selasa, 22 Juni 2021 . in Berita . 1330 views
3202_profir.jpg

GEMA-Jangan asal menulis karya ilmiah. Prof. Irwan Abdullah menekankan, ada proses berpikir yang setidaknya harus dilakukan penulis agar tulisannya bernilai ilmiah. Hal tersebut ia bagikan pada peserta Workshop Metodologi Penelitian Praktis dan Penulisan Artikel di Jurnal Ilmiah, Selasa (22/6). Acara yang dihelat LP2M UIN Malang itu diikuti 143 peserta bertempat di Aula Gedung Rektorat lt.5.
Secara berurutan, Prof. Irwan menjelaskan bahwa proses berpikir saat melakukan penelitian dimulai dengan pemahaman teori. Dilanjutkan dengan konsep yang dirancang peneliti, lalu menentukan variabel. Proses setelahnya ialah indikator dan ditutup dengan data. "5 proses ini saja dan riset anda selesai," imbuhnya.
Guru besar asal Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu memaparkan bahwa tidak perlu waktu lama untuk menghasilkan karya ilmiah. Dengan niat yang benar dan organisasi yang baik, suatu riset dan karya ilmiah bisa dilakukan berkali-kali dalam setahun. "Sama halnya dengan proses penulisan disertasi, semalas-malasnya kita, disertasi bisa selesai dalam waktu 6 bulan," ujarnya. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up