NAMA KH. BISRI MUSTOFA DIABADIKAN DI GEDUNG BTQ UIN MALANG
Abadi Wijaya Kamis, 22 Juli 2021 . in Berita . 468 views
3216_resmi.jpg

Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang meresmikan pembangunan gedung Bait Tahfidz Al-Qur’an (BTQ) dan Moderasi Beragama. Momentum penting itu juga disertai peletakan batu pertama pembangunan Gedung Sport Center (SC) untuk Fakultas Ilmu Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) di kampus III UIN yang berlokasi di Tlekung Kota Batu. Acara tersebut terselenggara secara langsung dan juga virtual melalui aplikasi Zoom serta live YouTube. Rabu (21/7).

3217_ttd.jpg

Rektor UIN Maliki, Prof.Dr. Abd. Haris, M.Ag dalam sambutannya mengatakan bahwa kali ini merupakan hari yang penting dan bersejarah khususnya bagi warga kampus yang ia pimpinan. Oleh karena cita-cita untuk mewujudkan kampus Ulul Albab dengan memiliki Bait Tahfidz Al-Qur'an dan Moderasi Beragama perlahan namun pasti bisa mulai terwujud tepatnya di FKIK, kampus III UIN Maliki Malang.

Pembangunan Bait Tahfidz Al-Qur'an dan Moderasi Beragama di FKIK UIN Maliki memiliki alasan tertentu yakni kampus berlogo Ulul Albab ini ingin menghasilkan dokter yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional serta memiliki keunggulan dalam mengelola kesehatan haji.

3218_batu.jpg

UIN Maliki Malang ingin menjadi the center of exellence & Islamic civilization dengan memperhatikan kejayaan Islam pada masanya (Daulah Abbasiyah antara abad 8 -11M) dan munculnya tokoh sekaliber Ibnu Sina di bidang medis.

“Kami ingin menghadirkan Ibnu Sina, Ibnu Sina yang baru dalam bidang medis yang mengamalkan ilmu kedokteran untuk kemaslahatan umat", harapnya.
"Oleh karena itu kami memfasilitasi dengan Bait Tahfidz Al Qur’an dan Moderasi beragama serta kurikulumnya untuk para mahasiswa agar selain menguasai keahlian di masing-masing kompetensinya, juga memiliki kemampuan di bidang Al Qur’an", imbuhnya.

Prosesnya pembangunannya bertahap diawali dengan peletakan batu pertama pada Jum’at, 15 Mei 2020 dan kini ini telah selesai proses pembangunan lantai satunya pada Kamis (15/7) dengan luas bangunan 1.723m^ yang diberi nama Gedung KH. Bisri Mustofa. Hal itu disertai juga dengan agenda peletakan batu pertama penanda akan didirikannya fasilitas olahraga berupa gedung SC.

Pemilihan nama K.H Bisri Mustofa untuk gedung Bait Tahfidz Al-Qur’an dan Moderasi Beragama telah melalui banyak pertimbangan. Hingga akhir dipilihnya nama tersebut karena latar belakang Gus Mus sapaan akrab dari K.H Bisri Mustofa sebagai ulama dan cendekiawan Islam yang cukup produktif dan inovatif. Terbukti karyanya yang berupa kitab telah banyak dijadikan panutan/pegangan ulama dari dalam sampai luar negeri, kitab karya beliau bisa dipelajari serta dikaji sebagai rujukan.

Di pengujung acara, turut hadir secara virtual sekaligus memberikan ucapan selamat dan doa, yakni K.H Anwar Mansyur, K.H Agoes Ali Masyhuri, K.H Moh Hasan Mutawakkil’Alallah, K.H Muhammad Baidlowi Muslich, KH Chamzawi, K.H Ibnu Sulaiman, K.H Muhammad Nizam Asshofa dan KH Nasirul Mahasin dan yang hadir langsung mendoakan yakni K.H Marzuki Mustamar. Selain itu hadir pula Ketua DPR RI Dr. Puan Maharani Naksharta Kusyala Devi, S.I.Kom dan Menteri Agama, H. Yaqut Cholil Qoumas. Keduanya tidak hadir langsung di tempat melainkan mengikuti secara online. (ptt)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up