BARNOTO GAGAS LAYANAN DIGITAL P2B
Abadi Wijaya Jumat, 20 Agustus 2021 . in Berita . 342 views
3289_q.jpg

Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

GEMA-Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia (Sekjen RI) Prof.Dr. Nizar Ali, M.Ag. secara resmi merilis sistem aplikasi digital tata kelola dan manajemen di Pusat Pengembangan Bisnis (P2B) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Aplikasi ini sendiri merupakan gagasan Kabiro AAKK Dr. Barnoto, M.PdI. Hal ini menandai adanya perubahan besar dari yang semula menggunakan sistem manual menjadi sistem digital. Acara bertempat di Ruang Meeting lt. 3, Gedung Rektorat dan dilaksanakan secara luring dan virtual melalui aplikasi Zoom, Jumat (20/8).

3290_we.jpg
Mewakili rektor UIN Maliki Malang, Wakil Rektor Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag. menyampaikan rasa syukur dengan adanya perilisan aplikasi tersebut. Pasalnya, hal itu merupakan salah satu kemajuan dan perubahan menyesuaikan perkembangan zaman di era Industri 4.0 yang serba berbasis IT. "Kami para pimpinan mendukung agar semua unit di kampus ini pada saatnya nanti akan berbasis digital seperti halnya di P2B. Dengan adanya hal itu kami berharap ke depan P2B UIN Maliki bisa mengembangkan berbagai bisnisnya secara cepat, tepat, meluas pastinya secara legal dan halal," paparnya.
3291_ew.jpg

Sedangkan Prof. Nizar, Sekjen Kemenag RI juga sangat mendukung sistem aplikasi digital yang diterapkan pada tata kelola P2B UIN Maliki Malang. Menurutnya dengan sistem digital akan mempermudah proses administrasi, mempercepat segala transaksi, lebih transparan dan memperkuat akuntabilitas dalam pengelolaan bisnis. Sehingga, pada akhirnya mampu mengoptimalkan pemberdayaan aset, memperkuat kerjasama dan menambah pendapatan dari bisnis yang dijalankan UIN Maliki melalui P2B.

Selanjutnya, prosesi launching dilaksanakan secara virtual oleh Prof. Nizar dengan disaksikan oleh seluruh peserta dan tamu undangan via aplikasi Zoom, yakni para Kabiro AUAK/AUPK beserta para Kepala Unit P2B PTKIN BLU se-Indonesia. Di akhir acara, dilakukan penandatanganan berita acara serah terima berkas aplikasi digital dari PTIPD kepada Unit P2B UIN Maliki Malang yang diwakili oleh kepala unit masing-masing.(ptt/nd)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up