ICOLLIM: KAJI BAHASA, SASTRA, HINGGA PERSOALAN HOAX
Fatkhul Ulum Rabu, 15 September 2021 . in Berita . 323 views
3335_icolim.jpg
KONFERENSI INTERNASIONAL: Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. M. Zainuddin, MA saat memberikan sambutan di acara opening AICOLLIM.

 

Penulis: Putut Wahyu Hardiyanto

HUMAS-Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) kembali menggelar Annual International Conference on Language, Litetarure and Media (AICOLLIM) tahun 2021. Acara tahunan yang kali ini mengusung tema Humanities Across Histories and Trajectories in the Global Contexts berlokasi di Home Theater, Lt. 3, Gedung K.H. Oesman Mansoer dan bekerjasama dengan Asosiasi Dosen Ilmu-ilmu Adab (ADIA). Rabu (15/9).

Prof. H. M. Zainuddin, rektor UIN Maliki Malang saat memberikan sambutan di acara opening konferensi itu menyampaikan keprihatinannya atas penyalahgunaan bahasa dan media di zaman sekarang ini. "Di era revolusi 4.0. seperti sekarang ini, bahasa dan media seringkali menjadi alat untuk menyebar fitnah dan berita bohong(hoaks). Padahal semestinya dengan gaya sastrawi, bahasa dan media semakin mampu menemukan signifikansinya dalam mempublish berita, nilai dan konten yang utamanya bermanfaat bagi kehidupan manusia", paparnya. 

Oleh karena itu, Prof. Zain sapaan akrabnya mengajak seluruh peserta konferen untuk bersemangat tentunya lebih serius mengkaji masalah bahasa, sastra dan media apalagi di era pandemi covid-19 saat ini. Di lingkungan masyarakat banyak muncul misalnya berita, opini dan narasi-narasi hoaks tentang pandemi dari yang tidak riil sampai ada yang tidak masuk akal. Karena hal itu merupakan suatu realitas maka sangat menarik untuk diteliti. “Lha inilah forum yang sangat sesuai untuk mengkaji masalah-masalah seperti itu, utamanya terkait bahasa dan media,” tegasnya.

Sebagai penutup sambutannya, orang nomer wahid di UIN Maliki Malang ini mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang terkait dan panitia khususnya kepada Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Islam dan ADIA. “Semoga acara konferensi internasional ini berjalan lancar dan sukses,” pungkasnya.(ptt)

(Humas)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up