P2KM: ROADMAP PENDIRIAN RSP HARUS SESUAI KEBUTUHAN
Abadi Wijaya Kamis, 25 November 2021 . in Berita . 41 views

 

3497_rsp.jpg

HUMAS-Mengawali kegiatan workshop penyusunan roadmap pendirian Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari Kamis-Sabtu (25-27/11) di Jambuluwuk Kota Batu.

Kepala Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (P2KM) UIN Malang Prof. Dr. dr. Bambang Pardjianto, Sp.B., Sp.BP-RE (K) dalam sambutannya menjelaskan pentingnya P2KM di kampus berlogo ulul albab ini.

Berdirinya Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) di UIN Malang disyaratkan harus memiliki rumah sakit sendiri, sementara keberadaan RS itu masih di bawah naungan P2KM. "P2KM UIN Malang saat ini membawahi Poliklinik Ummi, Pendirian RSP, dan Satgas," jelasnya.

Bidang kesehatan, lanjut dia, merupakan salah satu unsur pokok dalam kehidupan manusia. Pentingnya memberikan pelayanan kesehatan maka UIN Malang membentuk P2KM agar lebih efektif dan terorganisir. "Ini semua tidak lain untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dn terjangkau bagi sivitas akademika dan masyarakat sekitar," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UIN Maliki Malang Drs. Mahfudh Shodar, M.Ag dalam arahannya meminta agar workshop penyusunan roadmap RSP ini bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat di masa mendatang. Penyusunan roadmap ini sangat strategis sekali, sebagai panduan atau petunjuk yang akan mengarahkan jalannya program yang akan dilakukan. "Roadmap harus bisa mengakomodir kebutuhan ke depan sesuai dengan kebutuhan zaman," pintanya.

Mahfudh menjelaskan bahwa pendirian RS ini embrionya P2KM sebagai pusat pelayanan kesehatan masyarakat. RSP UIN Malang ini diharapkan bisa menjadi pusat pelayanan kesehatan yang tidak hanya di level malang raya saja akan tetapi bisa lebih dari itu. "Dengan adanya FKIK diharpkan UIN Malang memiliki RSP yang berkualitas. Oleh sebab itu roadmap harus bisa mengakomodir kebutuhan sesuai zamannya di masa depan," tegasnya.

Oleh sebab itu, pertemuan ini jangan hanya sebatas membahas persiapan saja, akan tetapi harus bisa lebih dari itu. Menyusun roadmap harus memiliki percepatan dan lompatan yang bisa membawa UIN Malang menjadi kampus yang maju dan bereputasi internasional. "Semoga workshop selamat tiga hari ini menghasilkan perencanaan yang unggul sesuai dengan apa yang diharapkan rektor yaitu unggul bereputasi internasional," pungkasnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up