PROF. DJANGGAN: BERSYUKUR SEKALI UIN MALANG DIRIKAN RSP
Abadi Wijaya Kamis, 25 November 2021 . in Berita . 48 views

 

3498_djanggan.jpg

HUMAS-Dalam perjalanan mendirikan rumah sakit tentu dibutuhkan perencanaan atau roadmap yang matang. Kali ini, dalam workshop penyusunan roadmap penyusunan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mengundang Prof. Dr. dr. H. Djanggan Sargowo, Sp.PD, Sp JP (K) dari Universitas Brawijaya sebagai pematerinya. Kamis (25/11).

Workshop kali ini bertempat di Hotel Jambuluwuk Kota Batu. Dengan materi Filosofi pembangunan rumah sakit pendidikan Prof. Djanggan mengajak seluruh peserta workshop memahami tentang prosedur penyelenggaraan bidang perumahsakitan. "Semua harus jelas, jenis pelayanannya seperti apa, pengelolaan dan SDM nya seperti apa?," terangnya.

3499_rsp.jpg

Dia melanjutkan rumah sakit diselenggarakan harus berdasar pada asas pancasila dan nilai kemanusiaan, etika dan profesionalitas, sehingga RSP harus bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan perorangan secara paripurna. "Rumah sakit pendidikan harus memenuhi syarat dan standar rumah sakit pendidikan," jelasnya.

Rumah sakit pendidikan, tambah dia, mempunyai kewajiban memberikan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan tidak diskriminatif dengan mengutamakan kepentingan pasien. "RS juga harus memiliki payung hukum yang legal dalam melaksanakan pelayanan kesehatan," tegasnya.

Pemerintah saat ini sudah mengizinkan RS luar negeri membuka pelayanannya di Indonesia. Ini tentu juga menjadi tantangan bagi tenaga kesehatan di Negara Indonesia. Keahlian dan profesionalitas menjadi salah satu modal utama. 

Dia menjelaskan bahwa jumlah RS yang layak untuk dijadikan tempat pendidikan bagi dokter, dokter gigi, spesialis dan nakes saat ini sangat kurang. "Tentu ini menjadi peluang bagi UIN Malang untuk mendirikan RSP sesuai dengan regulasinya," pungkasnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up