CINTA NKRI ITU WAJIB
Abadi Wijaya Sabtu, 10 Desember 2022 . in Berita . 397 views
4818_kh.jpg

 

HUMAS UIN MALANG-Ketua Komisi Fatwa MUI Jawa Timur dan Direktur Aswaja Center PWNU Jatim, KH. Ma’ruf Khozin hadir di tengah peserta penguatan moderasi beragama UIN Maliki Malang sebagai pemateri. Sabtu (10/12).

KH. Ma’ruf Khozin dalam paparan materinya menegaskan bahwa apa yang diajarkan oleh para ulama dan kiyai selama ini di Indonesia ini tidak ada satupun yang menyimpang dari dalil syar'i. Contohnya kegiatan nyadren dan sesajen yang sudah berkembang di tengah masyarakat. Para ulama mensikapi dengan ma'ruf dan sangat halus sekali. 

4819_kh-a.jpg

Kemudian, para ulama melakukan tindakan yang masif tanpa mengganggu keharmonisan dan tatanan budaya yang diyakini oleh masyarakat. "Disini para ulama mengajak dengan cara meluruskan niat, yang awalnya menyembelih ayam tanpa doa, lalu diajak untuk mengucap bismillah," terangnya.

Sebagai ASN dan abdi negara, NKRI harga mati dan pancasila sebagai dasar ideologi bangsa Indonesia sudah final dan tidak boleh dirubah. Mencintai tanah air, ini sudah menjadi ajaran Rasulullah, seperti yang diriwayatakan dalam hadis sahih, dari Aisyah berkata dalam doanya nabi meminta ya Allah jadikan kami cinta Madinah, sebagaimana cinta kami kepada Makkah, atau melebihi Makkah, HR. Bukhari dan Muslim. "Hadis ini yang menjadi landasan bahwa cinta tanah air itu wajib hukumnya," tegasnya.

Di akhir materinya, kiai muda ini melalui jok guyonannya menyampaikan bahwa "cinta tanah air" itu berasal dari bahasa Madura yang bermula dari cerita pendek khas guyonan Maduranya, suatu saat ada orang Madura naik bus Akas, lalu saat kondektur bus meminta uang karcis ternyata uangnya kurang, lalu si kondektur menurunkan orang madura ini di tengah jalan yang kondisi tanahnya basah dan ada airnya. Lalu orang madura ini bilang "Saya kog diturunkan di "Tanah Air" begini. "Maksudnya tanah air itu, tanah yang berair atau tanah becek," guyonnya sembari gelak tawa lepas diikuti peserta penguatan moderasi beragama.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up