GONG PENUTUP KKM, KELOMPOK SENAMPAT GELAR WORKSHOP PEMBUATAN NIB
Abadi Wijaya Jumat, 20 Januari 2023 . in Berita . 335 views
5097_kkm-uin-malang.jpg
Sosialisasi NIB Oleh Ir. Tri Winarni

 

HUMAS - Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Reguler UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Kelompok Senampat adakan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Balai Desa Gedogkulon, pada Rabu (18/01).

Kegiatan ini dilangsungkan sebagai bentuk kegiatan terakhir sebelum mahasiswa melakukan purna tugas mengabdi KKM. Ir. Tri Winarni, konsultan UMKM turut diundang untuk berbagi ilmunya mengenai pentingnya kepemilikian dan prosedur pembuatan NIB. Ia juga menjelaskan bahwa proses mendapatkan NIB juga membutuhkan beberapa kelengkapan dokumen. "Ketika Bapak Ibu sudah memiliki berkas-berkas tersebut, nanti akan lebih mudah untuk mengembangkan usaha dan tentu sudah berada dalam lindungan hukum'' jelasnya.

Bagi warga Desa Gedogkulon sendiri, acara ini merupakan satu hal yang sudah ditunggu sejak lama, sebab banyak diantara mereka yang pernah mencoba membuat namun tak kunjung berhasil. Tak heran, antusias warga sangat tinggi. Setidaknya 70 pendaftar yang hadir, sedangkan undangan yang disebar hanya sejumlah 50 undangan.

5098_kkm-uin-malang.jpg
Penyerahan NIB ke Warga Desa Gedogkulon

 

Reni, Sekretaris Desa turut mengarahkan warga untuk segera mendaftarkan usahanya dalam pembuatan berkas penting ini. Respon positif juga datang darinya yang melihat kegiatan ini adalah momentum yang baik. "Acara adik-adik ini perlu diapresiasi nggeh, soalnya hasil yang didapatkan ini sangat membantu Bapak Ibu dalam mengembangkan usaha'' ujarnya di tengah tengah pengkondisian acara.

Warga yang telah menyelesaikan proses pembuatan, dapat membawa pulang berkas NIB yang langsung dicetak oleh Kelompok Senampat. Sedangkan beberapa yang belum selesai dapat melanjutkan proses pembuatan pada esok harinya. Oleh-oleh tidak hanya didapatkan warga, namun seluruh anggota kelompok ini juga mendapatkan sertifikat sebagai bentuk apresiasi dari LKP Juang Mandiri dalam keikutsertaan dalam membantu warga untuk pembuatan NIB.

5099_kkm-uin-malang.jpg
Penyerahan Sertifikat Apresiasi Kepada Kelompok Senampat oleh Ir. Tri Winarni


Lebih lanjut, M.Ichsan Mulyadi, Ketua Kelompok Senampat merasa kagum atas antusias warga yang sangat tinggi. Ia juga mengapresiasi anggota kelompoknya yang sigap selama persiapan dan berjalannya acara. ‘’Alhamdulillah seneng banget, semuanya keren dan lancar, InsyaAllah kita menutup pengabdian ini dengan berkah, aamiin’’ tambah mahasiswa Program Studi Psikologi tersebut. (sab/acg)


Kontributor : Sri Ayu Belladonna

Editor : Adam Chesar Gunawan

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up