Kembangankan Islam dengan Syiar dan Ilmu Pengetahuan
Abadi Wijaya Senin, 14 April 2014 . in Berita . 2323 views
192_riyadul.jpg

GEMA-Sholawat kembali bergemuruh di langit UIN Maliki. Hadir Majelis Sholawat Riyadul Jannah dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1434 H (5/3).

Turut hadir Habib Taufiq dan Syekh Abdul Qodir, serta Rektor UIN Maliki Prof. Dr. Mudjia Rahardjo, M. Si. Menariknya, kedatangan rektor beserta jajaran pimpinan diiringi oleh grup sholawat banjari Ma’had Sunan Ampel al Aly.

Setelah sholawat berkumandang, Habib Taufiq menyampaikan tausiyahnya. Sejalan dengan peringatan Maulid Nabi, ia menyampaikan risalah tentang akhlak mulia Rasulullah SAW.

“Rasul mengajarkan kita untuk senantiasa jujur, tawadhu’, berani dalam hal kebaikan, dan bagaimana bersikap dalam bergaul dengan orang lain, baik kepada sanak keluarga, tetangga, maupun  masyarakat,” jelas pimpinan Riyadul Jannah Malang tersebut kepada para jama’ah.

Rasul tidak pernah mengikuti pelatihan leadership, imbuhnya lagi. Namun, keluasan ilmu dan kecerdasan Nabi dalam memimpin patut kita contoh.

 Sedangkan, Syekh Abdul Qodir memaparkan mengenai sholat jamaah. Menurutnya kita harus membiasakan sholat jamaah. “Kalau ingin bahagia, biasakanlah sholat 5 waktu berjamaah,” begitu nasehatnya.

Banyak hikmah yang bisa didapatkan dengan sholat jamaah, antara lain tidak akan fakir di dunia, diselamatkan alam kuburnya, Allah akan memberikan catatan amal kita dengan tangan kanan, dan lain sebagainya.

“Saya merasa senang berada dalam satu majelis bersama, terutama di UIN ini,” ujar tokoh agama asal Sumedang itu.

Tak ketinggalan, Prof. Mudjia memberikan sambutannya kepada segenap jamaah yang hadir. “Semoga dengan adanya majelis ini di UIN Maliki, kita semua lebih mendekatkan diri kepada Allah, serta membawa barokah bagi warga kampus,” ungkap rektor dengan diamini oleh para jamaah.

Menurut lelaki yang pernah menjabat sebagai dosen Fakultas Humaniora tersebut, majelis dzikir merupakan tradisi dan bagian dari kegiatan kampus sebagai universitas berbasis Islam.

Sehingga, kehadiran majelis Riyadul Jannah sangat bermakna untuk mengembangkan keIslaman di UIN Maliki. Riyadul Jannah mengembangkan Islam dengan syiar dan dakwah, sedangkan UIN Maliki mengembangkan Islam melalui ilmu pengetahuan.

“Atas nama sivitas akademika, rektor mengucapkan terima kasih telah menyirami UIN dari kekeringan iman,” pungkasnya di akhir sambutan. (mdw/ic)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up