Daftar Kategori: Berita


UM-PTKIN CBT LANCAR
Abadi Wijaya Selasa, 22 Mei 2018 . in Berita . 51 views
1505_cbt-ok.jpg
SERIUS: Pserta UM-PTKIN CBT tampak serius mengerjakan soal ujian. Selasa (22/5).

GEMA-Pelaksanaan ujian UM-PTKIN khususnya kategori ujian computer based test (CBT) berjalan dengan lancar. Semua komputer yang tersedia bisa digunakan ujian dengan baik tanpa ada gangguan sama sekali.
Dalam pelaksanaan ujian tersebut, setiap soal ujian tidak ada yang sama, sehingga hal itu untuk meminimalisir saling contek dari peserta ujian CBT. Sehingga peserta diharapkan bisa lebih fokus mengerjakan soal ujiannya masing-msaing. Setiap ruangan terdiri dari satu pengawas ujian dan 20 peserta ujian. Dalam pelaksanaan ujian CBT kali ini diikuti 180 peserta yang terbagi dalam 9 kelompok ujian.
“Jumlah total peserta CBT ada 180 peserta, semua melaksanakan ujian di gedung Fakultas Saintek,” papar Kabiro AAKK Achmad Heru Achadi.

Lebih Lanjut »
HARI INI, UM-PTKIN SERENTAK DILAKSANAKAN DI SELURUH INDONESIA
Abadi Wijaya Selasa, 22 Mei 2018 . in Berita . 94 views
1503_ujian-umptkin-serentak.jpg
PANTAU LANGSUNG: WR I Dr. Zainuddin, MA memantau pelaksanaan ujian UM-PTKIN di gedung B Lt.1 (22/5).


GEMA-Pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi jalur UM-PTKIN hari ini, Selasa (22/5) serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Jumlah total PTKIN se-Indonesia yang mengikuti jalur ujian tersebut sejumlah 55 perguruan tinggi. Dari jalur seleksi UM-PTKIN ini ada dua kategori ujian, yaitu ujian tulis dan computer based test (CBT). Khusus untuk CBT UM-PTKIN tersedia 3580 kursi di seluruh PTKIN se Indonesia.
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, salah satu perguruan tinggi yang mengikuti jalur ujian UM-PTKIN tersebut. Tahun ini yang mengikuti ujian di UIN Malang berjumlah 2397 peserta dengan rincian IPA 66, IPS 2016, IPC 135 dan CBT 180 peserta. Khusus untuk ujian CBT berada di Lab Komputer Fakultas Saintek Lt.3.
Ketua Pelaksana ujian UM-PTKIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dr. Zainuddin, MA menjelaskan bahwa pelaksanaan ujian UM-PTKIN tahun ini sangat lancar dan sesuia dengan prosedur. “Alhamdulillah, hasil sidak di lapangan semua peserta ujian UM-PTKIN dilayani dengan baik, sehingga pelaksananya berjalan dengan kondusif dan tertib,” paparnya saat di temua di lokasi uijian.
Zainuddin menjelaskan bahwa, tahun ini UIN Malang memiliki tujuh jalur yaitu jalur SNMPTN, SPAN PTKIN, SBMPTN, UMPTKIN, Jalur Mandiri Tulis, Jalur Prestasi dan Mahasiswa Asing. “UM-PTKIN merupakan jalur yang ke empat di UIN Malang,” paparnya.
Sementara itu, Salah satu peserta asal Jombang, Miftahul Ulum saat ditanya soal isi ujian menjelsakan bahwa secara keseluruhan soal yang diujikan cukup sulit. Akan tetapi, ada beberapa soal yang bisa dijawab dengan baik. “Saya sedikit kesulitan menjawab soal yang jawabannya banyak mengecohkan konsentrasi saya khusunya bahasa Arab,” paparnya.

 

Lebih Lanjut »
H-1 UM-PTKIN, PENGAWAS DIBERI ARAHAN
Iffatunnida Senin, 21 Mei 2018 . in Berita . 94 views
1502_pengawas.jpg

GEMA-Sehari menjelang pelaksanaan Ujian Masuk-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), seluruh pengawas dan penanggung jawab ruang mendapat arahan dari panitia, Senin (21/5).
Gladi resik di Aula Gedung Rektorat Lt.5 tersebut mengarah pada beberapa aturan baru tahun ini.
Mujtahid, Ketua Panlok UM-PTKIN, menjelaskan, peserta ujian tidak akan membawa pulang salinan soal TKD (Tes Kemampuan Dasar). Berbeda dengan tahun sebelumnya. Namun, peserta diizinkan membawa salinan soal IPA dan IPS. “Itu info dari panitia pusat,” tutur Mujathid.
Jika sebelumnya peserta menulis pernyataan dengan bolpoin, tahun ini semua data diri dalam LJU ditulis dengan pensil. “Harap pengawas tidak terpaku pada kebiasaan beberapa tahun belakangan,” imbuhnya.
Mengawali informasi pembekalan, Mujtahid menyampaikan pula jumlah peserta tes tahun ini. Sejumlah 2397 peserta terdaftar dan tervalidasi untuk mengikuti UM-PTKIN pada (22/5).
Jumlah peserta didominasi oleh peserta kategori IPS sebanyak 2016. Diikuti oleh peserta kategori CBT (Computer-Based Test) sebanyak 180, IPC sebanyak 135, dan IPA 66. Wakil Rektor Dr. Zainuddin juga turut hadir untuk memberi informasi kepada pengawas dan penanggung jawab ruang. (nd)

Lebih Lanjut »
PROGRAM BARU, 469 MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH SIAP PKL!
Iffatunnida Senin, 21 Mei 2018 . in Berita . 49 views
1501_pkl.jpg

GEMA-Seperti sedianya, pra Praktik Kerja Lapangan (PKL) didahului dengan pembekalan, Selasa (15/5). Tahun ini, Fakultas Syariah menyeragamkan tempat PKL di seluruh Lembaga Peradilan di Jawa Timur. Ketua Pengadilan Agama Kota Malang Wedhayati, MH dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kota Malang Dr. Lilik Muliana, MH. memberi pengantarnya di Aula Gedung Rektorat Lt.5.
Baharudin Susamto, Sekretaris Jurusan Hukum Bisnis Syariah (HBS), menjelaskan, sebelumnya mahasiswa juga ditempatkan di lembaga keuangan. “Pihak fakultas memutuskan hal ini agar mempermudah hubungan dan koordinasi terhadap lembaga terkait,” imbuhnya.
Tak hanya itu, ia melanjutkan, mahasiswa yang lulus menempuh PKL tak hanya mendapat nilai di KHS. Mereka juga akan diberi sertifikat sebagai penunjang pasca kuliah nantinya.
Fakhruddin, Ketua Panitia PKL, menuturkan jumlah mahasiswa Fakultas Syariah tahun ini yang memprogram PKL ialah 469. Mahasiswa dari tiga jurusan tersebut akan ditempatkan di enam lembaga.
Yaitu, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, Pengadilan Niaga, Pengadilan Hubungan Industrial, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dan Pengadilan Tata Usaha Negara.
Dalam materi pembekalannya, Dr. Lilik Muliana, MH. berpesan agar mahasiswa dapat menyeimbangkan teori dan praktik. Segala materi yang telah dipelajari dalam kelas sudah saatnya diterapkan secara riil.
Ia juga mewanti-wanti agar mahasiswa tidak terlalu terpaku pada materi. “Kalian harus open-mind ketika melihat fakta yang terkadang tidak sesuai materi kuliah,” jabarnya.
Rencananya, pihak fakultas akan melihat peluang MoU (Momerandum of Understanding) untuk PKL berikutnya. Lembaga Politik dan Lembaga Keuangan di Jawa Timur akan menjadi target kerjasama. (mir/ofi/nd)

Lebih Lanjut »
PESERTA UM-PTKIN TEMBUS 2397 PESERTA
Abadi Wijaya Senin, 21 Mei 2018 . in Berita . 56 views
1500_umptkin.jpg

GEMA-Jalur seleksi masuk perguruan tinggi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyisakan dua jalur lagi yaitu UM-PTKIN dan Jalur Mandiri Tulis. UM-PTKIN merupakan jalur seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). UIN Malang merupakan salah satu dari 55 Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yang terdaftar mengikuti UM-PTKIN ini (21/5).
Menurut Kabiro AAKK Achmad Heru Achadi menjelaskan bahwa jalur UM-PTKIN ini dilaksanakan setelah ujian SPAN-PTKIN yang berdasarkan prestasi akademik calon mahasiswa baru, sehingga jika tidak lolos di SPAN-PTKIN maka bisa mengikuti tes ujian UM-PTKIN. “Ujian UM-PTKIN ini hasilnya harus memenuhi kriteria yang ditentukan oleh panitia,” paparnya.
Seleksi UM-PTKIN ini akan dilaksanakan Selasa (22/5), serentak di seluruh PTKIN se Indonesia. Di UIN Malang sendiri ada 2397 peserta yang akan mengikuti ujian jalur tersebut “Sejak dibuka pendaftaran UM-PTKIN 12 April hingga 11 Mei ini ada 2397 pendaftar,” paparnya.
Sementara itu, salah satu panitia UM-PTKIN Uril, menegaskan bahwa sesuai data rekapitulasi pendaftarnya pada tahun 2018 ini tercatat jumlah peminatnya mencapai 11.781 orang dan jumlah pendaftarnya ada 4462 orang, namun yang lolos seleksi administrasi hanya 2397 peserta saja. “Data terakhir menunjukkan angka tersebut,” jelasnya.
Seperti biasanya, jumlah peminat prodi terbanyak di jalur UM-PTKIN ini masih jatuh pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) sebanyak 845 orang, kedua Perbankan Syariah 642 orang, dan ketiga Hukum Bisnis Syariah 402 orang. “Sementara sisanya tersebar di fakultas yang lain,” paparnya.
Uril menjelaskan, proses jalur seleksi UM-PTKIN ini menggunakan dua jalur yaitu ujian secara tertulis dan ujian berbasis computer (CBT). Terdiri dari 3 kelompok ujian, yaitu kelompok ujian IPA, IPS dan IPC.
“Ujian kali ini akan menggunakan di 4 gedung perkuliahan, yaitu Gedung A, B, C untuk model ujian tulis dan ujian CBT dilaksanakan di berbagai laboratorium yang ada di Gedung Saintek,” (ptt/aj).

Lebih Lanjut »
‘PELANGGARAN’ KODE ETIK PSIKOLOGI
Abadi Wijaya Selasa, 15 Mei 2018 . in Berita . 117 views
1491_kode-etik.jpg

GEMA-Mahasiswa Psikologi berbagai angkatan khususnya bagi yang telah mengambil mata kuliah Kode Etik Psikologi mengahadiri acara kuliah tamu. Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi UIN Malang ini bertajuk Kode Etik Psikologi Indonesia bertempat di gedung Rektorat Lt.5. Senin(14/5).
Sebagai salah satu usaha Fakultas Psikologi UIN Malang untuk menunjang aktifitas akademiknya maka diambil langkah sederhana yang berwujud konsep kuliah tamu. Dengan menghadirkan langsung Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) cabang Malang, yaitu Muhammad Salis Yuniardi, S.Psi, M.Si, Ph.D, Psikolog.
“Sesungguhnya setinggi-tingginya manusia, profesi dan ilmu seseorang tetapi jika tidak beretika maka tidak ada bedanya dengan yang bukan manusia. Oleh karena itu sebenarnya nilai dari kemanusiaan itu dijaga melalui sesuatu yang disebut dengan kode etik jadi itu namanya beretika”,kata Dr. Ali Ridho, M.Si dalam sambutannya mewakili Dekan Fakultas Psikologi.
Selain itu, Wakil Dekan Bagian Akademik ini berharap dengan adanya momen sepert ini, mahasiswa bisa memanfaatkan sebaik-baiknya untuk lebih mudah mendalami materi tentang kode etik psikologi yang telah diberikan dosen di dalam kelas. “Semoga kita semua para mahasiswa psikologi bisa menjadi ilmuwan psikologi yang beretika,” imbuhnya.
Selanjutnya selama acara berlangsung pemateri yang juga merupakan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini mempaparkan materinya secara simple namun tetap kreatif karena selalu menggunakan contoh kasus konkrit yang ada di sekitar disertai diskusi. Sehingga selama acara kuliah tamu itu berjalan para peserta menjadi lebih mudah memahami konteks materi terutama tentang kode etik Psikologi di Indonesia. dia juga membahas tentang berbagai usaha terutama yang dilakukan oleh HIMPSI. “Pelamgaran kode etik psikologi saat ini sudah banyak terjadi, dan salah satu pencegahannya bisa dilakukan dengan cara seminar seperti ini,” paparnya. (ptt).

 

Lebih Lanjut »
300 CALON MAHASISWA IKUT SELEKSI PBSB
Iffatunnida Senin, 14 Mei 2018 . in Berita . 184 views
1490_pbsb.jpg

GEMA-Setelah SBMPTN, UIN Malang menjadi lokasi pelaksanaan tes PBSB (Program Beasiswa Santri Berprestasi), Senin (14/5). Tes dilakukan dalam rangka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2018-2019. Selain menjadi lokasi tes, ujian tersebut sekaligus sebagai jalur masuk alternatif calon mahasiswa yang ingin kuliah di UIN Malang.
Abdul Aziz, Kabag Kemahasiswaan dan Alumni, menyatakan tes jalur PBSB dilakukan serentak di berbagai daerah. Regional Jawa Timur terpusat di UIN Malang. Ujian menggunakan Computer-Based Test. Karena menyesuaikan jumlah fasilitas, peserta terbagi di dua sesi. Sesi pertama pukul 07.00 WIB sedangkan sesi kedua pukul 12.30 WIB.
Jumlah peserta tes jalur PBSB ialah 300 calon mahasiswa dari berbagai pondok pesantren. Pihak UIN Malang menerima 20 calon mahasiswa dari jalur tersebut. “Namun, untuk UIN Malang, persyaratan ditambah dengan memiliki hafalan 10 juz al Quran,” tambah Aziz.
PBSB merupakan program masuk perguruan tinggi yang dirintis Kementerian Agama. Jalur ini khusus ditujukan bagi santri pondok pesantren berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan tingginya. Kemenag berharap agar santri yang berprestasi dapat menunjukkan kapasitasnya di ilmu umum. “Sehingga cita-cita generasi berwawasan luas dan berakhlak mulia bisa tercapai,” jelas Aziz.
Melalui Kabag Kemahasiswaan dan Alumni, pihak kampus berharap, nantinya mahasiswa jalur PBSB benar-benar serius dalam menimba ilmu. Selain itu, program penambahan hafalannya pun harus semakin digiatkan. “Kami ingin mereka menyelesaikan kuliahnya selama 8 semester dengan lancar,” tuturnya. (syf/nd)

Lebih Lanjut »
PKPBI: AGAR MAHASISWA TAK SALAH PAHAM
Iffatunnida Senin, 14 Mei 2018 . in Berita . 108 views
1489_iec.jpg

GEMA-Banyaknya mahasiswa yang tertunda karena permasalahan perkuliahan Bahasa Inggris Intensif, menginisiasi pihak PKPBI (Program Khusus Perkuliahan Bahasa Inggris) untuk bersosialisasi. Dikemas dalam Intensive English Program-Class Orientation, Ketua PKPBI Dr. Syamsudin menyampaikan program unitnya di depan mahasiswa semester dua, Senin (14/5).
Ia kembali mengingatkan jika UIN Malang memiliki program bilingual yang wajib ditempuh di tahun pertama dan kedua. Program tersebut tentu untuk mendukung cita-cita kampus menjadi World Class University. “Therefore, all UIN Malang students must be able to speak at least these two foreign languages,” jelasnya.
Kedua bahasa asing tersebut, lanjutnya, banyak digunakan oleh warga dunia. Untuk merambah dunia internasional, setidaknya, seseorang harus bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. “Bagaimana kita mau maju jika bahasa asingnya tidak dipelajari dengan serius?” tegas pria kelahiran Yogyakarta tersebut.
Ibnu Wahyurianto, bagian akademik PKPBI, kemudian menjelaskan lebih mendalam mengenai kelas Bahasa Inggris Intensif. Ia meluruskan beragam kesalahpahaman yang sering muncul dalam pelaksanaannya. “Karena sudah berjalan bertahun-tahun, makanya untuk teman-teman yang akan menempuh semester depan, semoga tidak ada lagi masalah,” tuturnya.
Kebanyakan, kata Ibnu, mahasiswa menyangka jika kelas Bahasa Inggris Intensif bersifat sunnah. Padahal, kelas tersebut wajib dihadiri oleh mahasiswa yang memprogram mata kuliah Bahasa Inggris 1 dan 2. “Mereka mengira kelas tersebut tidak resmi padahal ini adalah program kampus yang di-menej oleh PKPBI,” jelas dosen asal Trenggalek ini.
Sosialisasi kelas Bahasa Inggris Intensif tersebut bekerjasama dengan pihak Pusat Ma’had al Jami’ah. Pihak PKPBI sengaja mengundang mahasiswa semester dua yang berdomisili di ma’had agar tidak ada miskomunikasi di semester mendatang tentang perkuliahan Bahasa Inggris. (nd)

Lebih Lanjut »
REKTOR UIN MALANG BUKA RENAS PERENCANAAN PTKIN SE-INDONESIA
Abadi Wijaya Kamis, 10 Mei 2018 . in Berita . 190 views
1488_rektor-opening-renas.jpg


GEMA-Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag membuka kegiatan rembuk nasional perencanaan PTKIN seluruh Indonesia di hotel Savana Kota Malang. Pembukaan yang ditandai dengan pemukulan gong itu di saksikan oleh 237 perencanaan dari PTKIN seluruh Indonesia (9/5).
Dalam pembukaan renas kali ini, Prof. Haris didampingi ketua forum wr 2, ketua forum biro AUPK, Ketua biro, ketua forum perencanaan PTKIN se-Indonesia dan kepala bagian perencanaan Pendis. Usai pemukulan gong, Rektor UIN Malang memberikan penyematan ID peserta Renas, serta mengalungkan shal yang bertuliskan UIN Maliki Malang ke salah satu peserta. “Saya berharap, renas ini bisa menghasilkan keputusan yang bisa memajukan PTKIN seluruh Indonesia,” harapnya.

 

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up