Daftar Kategori: Berita


PENINGKATAN KUALITAS PRODI AKUNTANSI MELALUI AKREDITASI
Abadi Wijaya Jumat, 14 September 2018 . in Berita . 156 views
1616_fe-vit.jpg

Gema- Dalam meningkatkan mutu layanan dan perbaikan Jurusan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan Visitasi Akreditasi di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UIN Malang, Jumat (14/9).
BAN PT kali ini mengirim dua Asesor yakni Prof. Drs. Djoko Suhardjanto,. M.Com, Ph.D., Ak yang merupakan Guru Besar Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta dan Dr. Faisal, SE.,M.Si.,Ph.D., CMA., CRP., CERG dari Universitas Diponegoro.
Hadir dalam visitasi ini segenap para pimpinan UIN Malang, para guru besar ekonomi, para dosen dan karyawan Fakultas Ekonomi.
Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Nur Asnawi, MA menyampaikan bahwa visitasi ini merupakan hal yang biasa dilakukan disetiap institusi sebagai bagian dari kontrol yang harus dilakukan. Visitasi ini untuk melakukan continous improvement atau perbaikan secara berkelanjutan dalam mewujudkan kualitas pendidikan yang sejalan dengan dinamika zaman. Zaman revolusi industri 4.0, zaman serba otomasi, zaman pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik sehingga dibutuhkan kesiapan SDM yang handal dan berkualitas. "Kebutuhan SDM yang handal ini diperlukan penataan internal yang salah satunya menggunakan parameter akreditasi," jelasnya.
Sementara itu Rektor UIN Malang, Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag berharap visitasi akreditasi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi bisa memberikan perubahan kedepan bagi kemajuan jurusan. “Selama ini jurusan akuntansi telah melakukan berbagai upaya dan secara maksimal dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswanya, semoga visitasi hasilnya juga maksimal,” harapnya.
Sementara itu, Prof. Djoko Suhardjanto salah satu asesor mengatakan kepada segenap para dosen dan pegawai jurusan untuk mempersiapkan berkas-berkas dan laporan yang akan dijadikan bahan evaluasi. “Kami disini hanya mengkonfimasi apa saja yang telah dilakukan Jurusan Akuntasi, terkait hasil dan keptusan kami serahkan sepenuhnya dari BAN-PT,” jelasnya.

Lebih Lanjut »
DIKTIS: AGAR CAPAI TARGET 5000 DOKTOR
Iffatunnida Kamis, 13 September 2018 . in Berita . 98 views
1615_5000.jpg

GEMA-Tim Project Management Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) berkunjung ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Misi mereka khusus untuk berbagi informasi Program 5000 Doktor Luar Negeri kepada seluruh sivitas akademika. Acara dihelat di Auditorium Fakultas Humaniora Lt.3, Kamis (13/9).
Salamah Agung, Ph.D., tim Diktis, mengungkapkan bahwa program ini jauh dari yang ditargetkan. Pasalnya, dari target 1000 kandidat doktor yang ingin dicapai per tahunnya, baru sekitar 200 aplikan yang dinyatakan lolos. “Tentu ini menjadi evaluasi kami,” imbuhnya.
Setelah mengevaluasi, lanjut Salamah, ada beberapa hal yang menjadi catatan Diktis sebagai penyedia beasiswa. Masalah utama ada pada proposal disertasi yang diserahkan pendaftar beasiswa doktor. Kurangnya bimbingan dalam penyusunan proposal berakibat pada buruknya kualitas itu sendiri. “Sehingga proposal yang kami seleksi, kebanyakan kurang matang dan jauh dari standar,” tutur dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.
Tak hanya proposal, kemampuan bahasa asing disinyalir menyumbang faktor gagalnya menembus beasiswa. Apalagi, Kementerian Agama fokus pada pemberian beasiswa di luar negeri. “Proposal bagus, administrasi siap, tapi bahasanya lemah, tentu menjadi sebab gagal,” tambah Amir, salah satu tim Diktis yang juga mengisi sosialisasi tersebut.
Dalam sosialisasi tersebut, Kabiro AAK UIN Malang Drs. Achmad Heru Achadi turut mendorong dosen-dosen muda di kampus untuk memanfaatkan kesempatan ini. Meraih beasiswa doktor tak hanya baik untuk tiap dosen namun juga berimbas positif bagi pengembangan keilmuan di Kampus Ulul Albab. (ptt/nd)

Lebih Lanjut »
KELAS PENELITIAN BERSAMA DR. DOROTHEE
Abadi Wijaya Kamis, 13 September 2018 . in Berita . 58 views
1614_doroti.jpg
PROFESIONAL: DR. Dorothee Schulze dari German University saat menyampaikan materi penelitian di Fakultas Syariah UIN Maliki Malang. Senin (10/9).


GEMA-Fakultas Syariah Jurusan Al Ahwal Al Syahsiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Mengadakan kelas penelitian bersama DR. Dorothee Schulze German University, Senin (10/9). Kelas ini dilaksanakan di ruang sidang Fakultas Syariah Lt. 1. Diikuti oleh mahasiswa International Class Program Al Ahwal Al Syahsiyah.
Dorothee mejelaskan bahwa setiap mahasiswa harus memahami beberapa unsur penting sebelum penelitian itu dilakukan. Salah satunya harus ada unsur menarik pembaca, hal baru, dan measurable atau dapat terukur. “Penelitian harus dapat memberikan kesan menarik terhadap pembaca,” ungkap Hakim Jerman yang penuh pengalaman ini. Sehingga judul penelitian adalah permasalahan hukum baru dimana belum terdapat penyelesaian konkret sebelumnya.
Konsultan Hakim senior Jerman ini, juga menjelaskan unsur-unsur yang harus difahami bagi setiap mahasiswa dalam melakukan penelitian. Diawali dengan database pengumpulan data, dapat juga didapatkan dari komunitas penelitian dunia.
Manufacturing an expose pembuatan proposal, outline menjelaskan penelitan secara garis besar. Distinguish memilih dan memilah bagian yang akan diteliti.
Saintific discourse membuat pendekatan secara keilmuan dan teoritis. Correct citation membubuhkan sumber rujukan secara jelas. Dan unsur terakhir yang tidak kalah penting yaitu time schedule membuat jadwal untuk melaksanakan penelitian tersebut. “Semua tahapan itu harus dilakukan dengan penuh tanggungjawab agar penelitian yang dihasilkan menarik dan bisa memberikan data kongkrit bagi pembaca,” paparnya.
Harapan Dorothee dalam kelas penelitian ini, mahasiswa dapat mengaplikasikan disiplin ilmu yang ada dengan konsisten. Untuk menciptakan peneliti yang ahli bertaraf internasional. “Konsistensi itu harus dimiliki oleh para peniti,” pungkasnya. (ofi)

Lebih Lanjut »
TAHUN BARU ISLAM: EL ZAWA SANTUNI YATIM DAN ANAK KARYAWAN NON PNS
Abadi Wijaya Rabu, 12 September 2018 . in Berita . 81 views
1612_santunan1.jpg

GEMA-Dalam rangka menyambut tahun baru Islam tepatnya tanggal 1 Muharram 1440 Hijriyah Unit el Zawa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali mengadakan santunan terhadap anak-anak yatim dan putra-putri karyawan non PNS UIN Malang. Selasa (11/9).
Santunan yang berlangsung di Gedung Rektorat tersebut diawali dengan sambutan Rektor Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag, dalam sambutannya dia mengajak seluruh tamu undangan yang hadir untuk mengintropeksi diri untuk bersama-sama berusaha menjadi insan yang lebih baik lagi.
Prof. Haris juga mengutip salah satu Ayat Suci Alquran surat At Taubah ayat 20-21 yang berbunyi “Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.”
“Semoga, UIN Malang semakin memberikan manfaat kepada orang-orang di sekitar kampus terutama kaum dhuafa dan yatim,” harap Prof. Haris.
Usai memberikan sambutan, kegiatan santunan ditutup dengan doa yang langsung dipimpin ketua el Zawa, Bapak Nurul Yaqien, usai doa selesai Rektor beserta tim el Zawa UIN Maliki Malang mebagikan paketan bingkisan yang berisi sepatu, sajadah, dan uang saku kepada anak-anak yatim dan putra-putri karyawan non PNAS UIN Malang. “Semoga acara santunan ini senantiasa mendapat ridho dan UIN Malang semaikn berkah,” doanya. (*)

1612_santunan1.jpg

 

Lebih Lanjut »
DATANGKAN MOTIVATOR MENGHAFAL ALQURAN
Abadi Wijaya Rabu, 12 September 2018 . in Berita . 89 views
1611_pross.jpg


GEMA-Menjadi sarjana yang hafal al Quran adalah target utama bagi lulusan program studi IAT UIN Malang. Untuk mendorong terwujudnya keinginan itu, tentunya dibutuhkan langkah nyata dalam memfasilitasi mahasiswa. Salah satunya adalah melalui kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru 2018 yang mengusung tema Urgensi Tahfidz al Quran sebagai Upaya Membentuk Pribadi Qurany dan Menjaga Keutuhan NKRI ini diharapkan dapat membantu meningkatkan motivasi mahasiswa dalam menghafal, Sabtu (9/9).
Kedatangan K. H. Moh. Fathoni Dimyati, Lc, sebagai pemateri pada kegiatan yang diselenggarakan di Aula Gedung C Lt. 3 ini semakin menumbuhkan kesan terbaik bagi seluruh isi ruangan. Sosok yang juga sebagai figur yang ahli dalam bidang ilmu menghafal al Quran ini selama 4 jam lamanya ini berhasil menumbuhkan ulang semangat mahasiswa dalam menghafal al Quran.
Bagi beliau yang juga selaku pengasuh salah satu pondok Tahfidz di Pasuruan itu, sangatlah besar kewajiban bagi penghafal quran yang memiliki kesibukan selain mengaji. Seperti halnya Mahasiswa IAT yang juga dituntut untuk mendalami ilmu umum selain al Quran. Beliau menyampaikan kiat kiat agar mahasiswa tetap fokus pada tujuan utama yaitu menghafal al Quran.
Pandai pandai mengatur waktu ialah salah satu cara yang beliau sampaikan pada mahasiswa baru IAT UIN Malang. Selain itu juga anjuran untuk tidak henti hentinya dalam murojaah atau mengulang ulang kembali hafalan yang sudah lama pun juga harus lebih diperhatikan bagi penghafal yang memiliki kesibukan diluar al quran. "Yang juga tidak kalah penting ialah tetaplah menjaga keinginan kuat untuk menjadi seorang penghafal al Quran," pungkas kiai asal Pasuruan itu. (aqa)

Lebih Lanjut »
PEMBUKAAN PROSPEK IAT 2018
Abadi Wijaya Rabu, 12 September 2018 . in Berita . 77 views
1610_pros.jpg

GEMA-Sebanyak 40 Mahasiswa baru mengikuti Prospek 2018 (Program Orientasi Studi dan Pengembangan Akademik Jurusan IAT). Kegiatan yang diusung oleh Dema Fakultas Syariah dan Mahasiswa IAT 2017 ini dilangsungkan di Aula gedung C Lt. 3, Sabtu (9/9).
Kegiatan yang bertujuan untuk pengenalan program program unggulan dalam jurusan yang tergolong baru di kampus hijau ini berlangsung meriah. Mulai dari pembukaan dari Ketua Jurusan Ustadz Nasrullah, hingga penampilan syahril qurany oleh 3 mahasiswa baru yang sangat berpengalaman menambah kesan tersendiri dalam rangkaian acara.
Ustadz Nasrullah selaku ketua jurusan mengatakan kekagumannya terhadap mahasiswa. Mulai dari panitia penyelenggara hingga peserta, beliau mengatakan jika jurusan IAT ini memiliki potensi besar untuk maju dengan bibit bibit unggul ini.
Dengan adanya Orientasi untuk Maba ini, Nasrullah berharap jika seluruh mahasiswa baru semakin bersemangat dalam menuntaskan hafalan ataupun menjaga sampai selesainya studi di kampus. "Harapan terbesar pribadi saya ialah dapat mengantarkan seluruh mahasiswa untuk menjadi generasi unggul yang qurany," Ungkap Dosen yang juga mengampu mata kuliah Ilmu Tajwid itu. (aqa)

Lebih Lanjut »
EL HARAKAH DAN JIA SIAP GO INTERNASIONAL
Abadi Wijaya Rabu, 12 September 2018 . in Berita . 29 views
1609_ojs.jpg

GEMA- Direktorat Jenderal Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menggelar Asistensi Tata Kelola Jurnal menuju bereputasi Internasional. Kegiatan ini diikuti oleh 25 jurnal terakreditasi nasional seluruh Indonesia. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang diwakili oleh Jurnal El Harakah dan JIA (Jurnal Islamic Aristektur). Pelatihan ini dilaksanakan di Hotel Fierfield Marriot Surabaya selama tiga hari (5-7/09).
Dr. Lukman selaku Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan kementrian dikti untuk segera memperbanyak jurnal yang terakreditasi internasioanal. “ Saat ini jumlah jurnal yang terakreditasi internasioanl masih terdapat 34 jurnal, ” sambutnya. Kedepan Ristekdikti memilik target selama 3 tahun minimal harus ada 100 jurnal yang sudah terindeks scopus. “ Guna mencapai target ini, kami melakukan berbagai cara agar bisa segera go Internasional salah saunya menggelar pelatihan bagi jurnal yang telah terakreditasi nasional, ” harapnya.
Sementara itu Prof Makin dalam paparannya menyampaikan UIN Malang yang diwakili oleh El Harakah dan JIA mempunyai kesiapan matang untuk menuju jurnal yang bereputasi Internasioanal. “ Jurnal UIN Malang sudah siap dari segi manajemen maupun kontens, oleh karena segera tahun ini untuk diajukan ke Scopus,” paparnya.

Lebih Lanjut »
WR 3 BUKA MALIKI FESTIVAL 2018
Abadi Wijaya Jumat, 7 September 2018 . in Berita . 138 views
1608_festival.jpg

GEMA-Seluruh mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mengikuti pembukaan Maliki Festival di lapangan utama. Jumat, (7/9).
Kepala Pusat Ma'had Al Jamiah UIN Maliki Malang Dr. A. Muzakki MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan Maliki Festival ini merupakan kali pertamanya diselenggarakan di kampus ulul albab ini. Dalam sejarah, Maliki Festival ini bisa dikatakan kali pertamanya dilakukan. Festival ini bisa menyatukan dua kegiatan sekaligus yaitu antara ma'had dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). "Saya menyambut baik kegiatan ini sebagai bentuk kolaborasi kegiatan antara ma'had dan UKM," paparnya.
Festival kali ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Isroqunnajah, M.Ag. Dalam sambutannya Gus Is sapaan akrab Isroqunnajah mengajak seluruh mahasiswa baru untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan di UKM. Kegiatan Maliki Festival ini rencananya akan diselenggarakan selama satu bulan tepatnya pada hari Sabtu dan Minggu di bulan September ini. "Kegiatan ini tepatnya dilaksanakan pada tanggal 15, 16, 22, 23, 29, dan 30 September. Sementara untuk penutupan inagurasinya dijadwalakan pada 6 Oktober 2018," jelasnya.
Gus Is menghimbau semua mahasantri wajib ikut kegiatan di UKM yang ada dan tidak boleh ada satupun yang berperan sebagai penggembira saja. “Aturan ini untuk menumbuhkan bibit-bit unggul sekaligus untuk menyalurkan bakat dan minat mahasantri dalam berorganisasi,” paparnya.
Selain itu, momen festival ini juga untuk ajang rekrutmen anggota baru di UKM, sehingga selain memiliki kesibukan akademisinya, dia ingin semua mahasiswa UIN Maliki punya kesibukan berorganisasi di UKM pilihannya. “Semoga kegiatan ini mampu menumbuhkan kembali minat dan bakat bagi mahasiswa baru UIN Maliki,” harapnya.

Lebih Lanjut »
JALIN KERJASAMA KELOLA UKM DAN FAKULTAS
Abadi Wijaya Kamis, 6 September 2018 . in Berita . 99 views
1604_mou-metro.jpg

GEMA-Lagi, UIN Maualana Malik Ibrahim Malang untuk kesekian kalinya melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan perguruan tinggi. Demi meningkatkan kemajuan kelembagaan, kedua lembaga pendidikan sepakat melakukan kerjasama antara IAIN Metro Lampung dengan UIN Maulana Maliki Malang.
Acara yang dilaksanakan di ruang Rektor UIN Maliki ini dihadiri segenap jajaran pimpinan kampus dan tim kunjungan dari IAIN Metro yang berjumlah 12 orang. Terdiri dari rektor beserta jajarannya, para dekan, kepala bagian kerjasama sampai pengelola alumni. (Kamis, 6/9).

1605_cindra.jpg


Kedatangan rombongan IAIN Metro ke UIN Maliki Malang kali ini untuk menjalin kerjasama dalam upaya saling membantu, mensupport dan sharring demi kemajuan dan berkembangnya IAIN Metro Lampung. Salah satunya adalah meningkatkan kualitas studi yang ada di prodi-prodi setiap fakultas.
Menurut Rektor IAIN Lampung Prof. Dr. Hj.Enizar, M.Ag menjelaskan bahwa IAIN Metro saat ini masih memliki 4 fakultas diantaranya, Fakultas Tarbiayah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. “Dalam kunjungan kali ini kami melakukan MoU dengan masing-masing fakultas yang sesuai misalnya saja Fakultas FITK, Ekonomi, Syariah dan Fakultas Humaniora,” paparnya.
Agenda terakhir setelah dilakukan MoU antara pimpinan kampus dan dari masing-masing fakultas agenda dilanjutkan Forum Group Discussion (FGD) untuk membahas pola pembinaan terhadap unit kegiatan mahasiswa dan persoalan pengelolaan kemahasiswaan. FGD yang berlangsung ruang pertemuan Gedung Rektorat di Lt.3 itu juga dikhusukan untuk membahas lebih lanjut dari adanya penandatangankerjasama yang telah dilakukan baik tingkat universitas maupun fakultas. (ptt)

1606_brsama.jpg

 

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up